Tak Ingin Seperti Jakarta, Dishub Bandung Tak Izinkan CFD Selama PSBB

CFD Bandung kemungkinan dibuka kembali saat zona hijau

Bandung, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memastikan, car free day (CFD) dan car free night (CFN) belum bisa digelar selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Proporsional. Penerapan protokol kesehatan menjadi faktor pendorong kegiatan tersebut tak mendapat izin dan belum dibuka.

Dishub Kota Bandung hingga saat ini juga belum melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian perihal pengoperasian kembali CFD dan CFN di Kota Bandung.

1. Belum ada koordinasi dengan instansi terkait soal CFD

Tak Ingin Seperti Jakarta, Dishub Bandung Tak Izinkan CFD Selama PSBBIlustrasi (Unsplash.com/Victor Freitas)

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi (PDKT) Dishub Bandung, Asep Kuswara mengatakan, CFD dan CFN di Kota Bandung masih belum diketahui kapan akan diizinkan beroperasi kembali, Dishub juga masih belum melakukan koordinasi dengan beberapa pihak terkait lainnya.

"Untuk saat ini, CFD maupun CFN masih belum bisa dibuka karena masih PSBB dan kita belum tahu kapan, protokol kesehatannya juga kalau CFD dan CFN kan sulit. Itulah sementara," ujar Asep saat dihubungi, Selasa (23/6).

2. Protokol kesehatan ditakutkan tidak diterapkan maksimal saat CFD

Tak Ingin Seperti Jakarta, Dishub Bandung Tak Izinkan CFD Selama PSBBJalur sepeda Banjir Kanal Timur, Duren Sawit, Minggu (21/6/2020) (IDN Times/Uni Lubis)

Asep menuturkan, beberapa waktu kemarin sejumlah pesepedah juga ramai di wilayah Dago. Menurutnya, diantara para pesepedah tersebut, masih banyak yang abai terhadap protokol pencegahan COVID-19. Seharusnya, protokol kesehatan merupakan hal utama yang harus dilakukan jika di luar rumah.

"Ada juga kemarin yang sepedah-sepedahan di Dago, protokol kesehatannya juga tidak diterapkan, tidak pakai masker, itu baru sebatas sepedah-sepedahan apalagi kalau kita tutup arus lalu lintas," ungkapnya.

3. Bandung masih dalam zona kuning

Tak Ingin Seperti Jakarta, Dishub Bandung Tak Izinkan CFD Selama PSBBIDN Times/Debbie Sutrisno

Asep menambahkan, ada kemungkinan CFD dan FCN akan diterapkan setelah Bandung tidak pada zona kuning lagi. Selama ini, Bandung masih dalam zona kuning dan pembatasan aktivitas masyarakat juga masih diatur dalam PSBB Proporsional. Jika sudah dalam zona hijau, ia mengaku akan mengatur beberapa skema CFD dan CFN buka kembali.

"Saat ini masih zona kuning, kalau zona hijau akan dirapatkan dan kapan mulainya. Nanti kita akan bicarakan. Apakah CFD dua Minggu sekali atau di CFN satu bulan sekali, nanti kita bicarakan lagi," tuturnya.

4. Zona hijau diklaim aman untuk CFD

Tak Ingin Seperti Jakarta, Dishub Bandung Tak Izinkan CFD Selama PSBBInstagram

Lebih lanjut, Asep mengatakan, masyarakat saat ini bisa melakukan olahrga di rumah. Menurutnya, olahraga tidak harus datang ke CFD dan CFN, olahraga bisa dilakukan di rumah di sekitar komplek dan beberapa tempat lainnya.

"Jadi tunggu zona hijau dulu biar aman semua. Olahraga kan tidak harus di CFD atau CFN, di mana pun bisa kan," kata dia.

Baca Juga: Faktor Ekonomi Paksa Pemkot Bandung Buka Mal Meski Masih Zona Kuning

Baca Juga: Waspada! Pemkot Umumkan Tiga Klaster Baru Virus Corona di Kota Bandung

Baca Juga: Pemkot Bandung Belum Izinkan Siswa ke Sekolah Selama Pandemik COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya