Waspada! Pemkot Umumkan Tiga Klaster Baru Virus Corona di Kota Bandung

Klaster baru ini adalah ojol, pasar tradisional, dan nakes

Bandung, IDN Times - Pemerintah kota (Pemkot) mengumumkan tiga klaster baru penyebaran virus corona (COVID-19) di Kota Bandung. Tiga klaster tersebut yakni klaster pasar tradisional, Tenaga Kesehatan (Nakes) dan ojek online (Ojol).

"Update terakhir diantaranya dua hari terakhir, kemarin itu ada 10 orang yang positif COVID-19. Terdiri dari klaster pasar, kemudian dari nakes dan satu lagi ojol," ujar Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo, Senin (8/6).

1. Dalam dua hari terakhir ada 10 orang positif virus corona di Bandung

Waspada! Pemkot Umumkan Tiga Klaster Baru Virus Corona di Kota BandungIlustrasi Covid-19/IDNTIMES

Oded mengatakan, dari ketiga klaster tersebut terdapat 10 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Mereka saat ini sudah ditangani Dinas Kesehatan (Dinkes) dan menjalani isolasi mandiri.

"Berdasarkan laporan dinkes, 10 orang positif COVID-19 sudah diantisipasi dan mereka sudah isolasi mandiri," ungkapnya.

2. Semua klaster akan disisir lakukan tes masif COVID-19

Waspada! Pemkot Umumkan Tiga Klaster Baru Virus Corona di Kota Bandung(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Disinggung soal lokasi klaster pasar tersebut berada di wilayah kecamatan apa, Oded tidak menyebutkan lebih jelas. Ia hanya menyebut bahwa saat ini ada klaster pasar di Kota Bandung. Kemudian tindakan lanjutannya pasar tersebut kini di blok dan ditutup.

"Salah satu tindakan dari Dinkes Gugus Tugas satu blok pasar di tutup pasarnya saya lupa. Tenaga medis tidak disebutkan ada berapa orang," katanya.

3. Tiga klaster tersebut diketahui dari hasil rapid test

Waspada! Pemkot Umumkan Tiga Klaster Baru Virus Corona di Kota BandungIlustrasi virus corona/Dok. IDN Times

Oded menjelaskan, terkait temuan klaster pasar diketahui Dinkes Bandung berdasarkan hasil rapid test. Dinkes Bandung juga akan terus melakukan tes pada seluruh klaster baru tersebut.

"Berdasarkan hasil rapid test dan seab memang seperti itu sifatnya kan hasil dan ini per klaster. Sekarang sedang menyisir rapid test dari Nakes," tuturnya.

4. Wali Kota Bandung was-was ada tiga klaster tersebut

Waspada! Pemkot Umumkan Tiga Klaster Baru Virus Corona di Kota BandungIlustrasi virus corona (IDN Times/Rochmanudin)

Lebih lanjut, Oded khawatir dengan adanya klaster Nakes akan berdampak pada pelayanan penanggulangan virus corona di Kota Bandung. Ditambah, test masif juga saat ini terus dilakukan. Menurutnya, kunci dari semuanya adalah masyarakat tertib menerapkan protokol pencegahan COVID-19.

"Saya secara pribadi was-was khawatir di satu sisi kita amanah dari pusat bawaha test masif harus dilakukan terus kedua lacak juga dilakukan terus. Sisi lain khawatir juga membludak kuncinya masyarakat tertib," kata dia.

Baca Juga: Pemkot Bandung Nyatakan Enam Orang Balita Positif COVID-19 Sembuh

Baca Juga: Pemkot Bandung Belum Izinkan Siswa ke Sekolah Selama Pandemik COVID-19

Baca Juga: Pemkot Bandung akan Terapkan Sanksi Sosial Bagi Pelanggar PSBB

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya