Comscore Tracker

Sambut HUT RI ke-77, Pemprov Jabar Gelar Cycling de Jabar 2022

Pesepeda bisa turut menikmati keindahan selatan Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) turut memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-77. Perayaan akan digelar dengan teman Cycling de Jabar yang akan dimulai pada 27-28 Agustus 2022.

Agenda balap sepeda yang digelar Pemprov Jabar itu terdiri dari dua etape. Pertama digelar 27 Agustus sepanjang 150 kilometer yang akan menjajal jalur Pantai Palangpang di kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, dan berakhir di Karang Potong di Kabupaten Cianjur, sedangkan penginapannya kawasan Rancabuaya di Kabupaten Garut.

Adapun etape kedua yang didominasi flat route sepanjang 170 kilometer dibuka pada 28 Agustus 2022, dari Rancabuaya sampai Alun-alun Paamprokan di Kabupaten Pangandaran.

1. Kegiatan ini menjadi pintu masuk sport tourism Jabar

Sambut HUT RI ke-77, Pemprov Jabar Gelar Cycling de Jabar 2022GFNY menjadi salah satu event sport tourism yang bisa menyedot wisatawan ke Danau Toba (IDN Times/Prayugo Utomo)

Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Barat, Ferry Sofwan Arif, mengatakan, gelaran Cycling de Jabar terlaksana atas kerjasama dengan berbagai pihak. Tempat yang dipilih tak lain untuk memamerkan potensi eksotisme jalur Selatan Jabar.

"Event ini menjadi entry-nya, melalui sport tourism, khususnya cycling. Sehingga masyarakat aware dengan sekian potensinya yang ada dari Sukabumi sampai Pangandaran," kata Ferry dalam keterangan resmi, Sabtu (13/8/2022).

2. Homestey warga akan diberdayakan

Sambut HUT RI ke-77, Pemprov Jabar Gelar Cycling de Jabar 2022Salah satu bagian dari wisata Geopark Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat (IDN Times/Toni Kamajaya)

Kemudian, Fery mengajak komunitas pesepeda untuk ikut memeriahkan acara dan membantu mengenalkan potensi wisata dan ekonomi wilayah Jabar Selatan. Sepanjang rute perlombaan juga banyak penginapan yang bisa dijajal para pengunjung.

"Kami memberdayakan homestay yang ada di sana, penginapan di Rancabuaya juga kita pakai. Kemudian makanan dan minuman yang disediakan dipesan dari masyarakat sekitar, bukan dari katering dari luar," katanya.

3. Gubernur sangat fokus mengaktiviasi destinasi wisata Jabar Selatan

Sambut HUT RI ke-77, Pemprov Jabar Gelar Cycling de Jabar 2022Benny Bachtiar (Istimewa)

Sedangkan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar mengatakan, ia mendukung penuh salah satu event terbesar di Jabar itu. Gelaran ini menurutnya berpotensi mengatrol geliat pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di sektor pariwisata dan industri kreatif.

"Pak Gubernur Jabar benar-benar berkonsentrasi mengaktiviasi destinasi wisata di sana, apalagi sudah ada Perpres 87 tahun 2021 mengenai pengembangan kawasan Rebana dan Jabar Selatan. Tentunya ini sudah menjadi isu nasional yang harus segera ditindaklanjuti," katanya.

4. Berharap banyak pelaku usaha industri melirik Jabar Selatan

Sambut HUT RI ke-77, Pemprov Jabar Gelar Cycling de Jabar 2022IDN Times/Istimewa

Menurut Benny, Jabar selatan memiliki potensi alam yang sangat luar biasa. Hanya saja butuh perbaikan untuk memenuhi unsur 5A yakni aksesibilitas, aktivitas, atraksi, akomodasi, dan amenitas.

"Di pikiran kami adalah bagaimana caranya masyarakat di destinasi wisata tidak hanya sebagai penonton, tapi mereka juga menjadi pelaku industri pariwisata. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan manfaat pada masyarakat di sana," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Pastikan Tidak Kekurangan Dosis Vaksin Booster Kedua 

Baca Juga: Pemprov Jabar Dukung Penghapusan Data Kendaraan Penunggak Pajak

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya