Comscore Tracker

Ridwan Kamil: Nama Mang Oded Bukan Tidak Mungkin Jadi Nama Jalan

Emil banyak berdiskusi soal nama jalan dengan almarhum Oded

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil meminta nama tokoh di kabupaten kota disematkan menjadi nama jalan. Hal itu juga berlaku untuk nama almarhum Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Pernyataan Emil itu muncul usai peresmian pergantian nama Jalan Pasupati menjadi Mochtar Kusumaatmaja. Menurut Emil, semasa almarhum hidup, pergantian nama Pasupati sudah dikoordinasikan dan ada wacana flyover milik Pemprov Jabar di Bandung untuk disematkan nama pahlawan.

"Saya sempat (diskusi) ke almarhum mang Oded ya, menyampaikan bahwa flyover yang proyek Pemprov dulu, yang melintasi ruas Jalan Pasupati ya, sama yang Jalan Gatot Subroto dicarikan pahlawan dari kota Bandung saja, tapi harus disurvei oleh pak Yana saja," ujar Emil, Selasa (1/3/2022).

1. Mang Oded berpotensi jadi nama jalan di Kota Bandung

Ridwan Kamil: Nama Mang Oded Bukan Tidak Mungkin Jadi Nama JalanJalan Pasupati resmi berganti nama menjadi Jalan Mochtar Kusumaatmaja (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Nama pahlawan itu disematkan harus dengan melewati berbagai aturan. Sehingga, nama-nama pahlawan semuanya harus dipersiapkan. Bahkan, tidak, terkecuali nantinya nama Oded M. Danial juga bisa masuk sebagai pertimbangan.

"Banyak namanya. Dan bukan tidak mungkin juga nama mang Oded suatu hari diabadikan di sebuah tempat, apapun. Yang penting di Jabar itu budayanya sangat menghormati orang tua dan pahlawan," katanya.

2. Penyematan nama jalan dengan tokoh lokal bentuk penghargaan

Ridwan Kamil: Nama Mang Oded Bukan Tidak Mungkin Jadi Nama JalanANTARA/Chairul Rohman

Penyematan nama pahlawan untuk jalan tidak semata-mata untuk alasan lain. Emil menjelaskan, selama dirinya memimpin Kota Bandung ada beberapa nama jalan dari tokoh nasional yang disematkan. Salah satunya Jalan Ir. Soekarno.

"Dulu zaman Wali kota saya resmikan Jalan Ir. Soekarno, kemudian di sana ada monumen pahlawan COVID-19, jadi jangan pernah lupa bahwa hidup itu tidak hanya urusan hari ini, hari ini lahir karena ada perjuangan di masa lalulu," kata dia.

3. Ada beberapa nama tokoh lain yang tengah diusulkan

Ridwan Kamil: Nama Mang Oded Bukan Tidak Mungkin Jadi Nama JalanRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kemudian, Emil menambahkan, Pemprov Jabar hingga saat ini memiliki lima hingga tujuh nama pahlawan yang harus diperjuangkan untuk dijadikan nama jalan dan masuk menjadi pahlawan nasional. Namun, hal itu harus melalui persetujuan pemerintah pusat.

"Kita punya daftar banyak, semua akan diperjuangkan, nah kita lihat mana karena keputusannya ada di pemerintah pusat ya, ada Moh Toha dan macam-macam lah terus ada nama ulama juga kita perjuangkan," ungkapnya.

4. Lima hingga tujuh nama yang sedang diusulkan ada nama ulama Jabar

Ridwan Kamil: Nama Mang Oded Bukan Tidak Mungkin Jadi Nama Jalan ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Lima hingga tujuh calon nama jalan itu, dikatakannya tengah diusulkan dan dan belum mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat. Sehingga, Emil belum mau membeberkan lebih rinci siapa saja nama pahlawan dari daerah di Jabar yang akan disematkan untuk nama jalan.

"Itu ada kombinasi dari ulama, termasuk tokoh masa lalu zaman sebelum kolonial, legenda itu kita perjuangkan. Minta doanya saja," kata dia.

Baca Juga: Sejarah Jembatan Pasupati, Dibangun Sejak 1998 Pinjam Dana dari Kuwait

Baca Juga: Flyover Pasupati Bandung Ganti Nama Jadi Mochtar Kusumaatmadja

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya