Pendaftaran Akun Pembelian Pertalite-Solar di Bandung Berlaku Besok

Masyarakat Bandung pengguna roda empat segera dafta, ya!

Bandung, IDN Times - Pendaptaran akun MyPertamina untuk pembelian Pertalite dan Solar di wilayah Kota Bandung akan dimulai besok. Masyarakat diminta segera mendaftarkan diri melalui laman subsiditepat.mypertamina.id.

Di lapangan, pengumuman tersebut sedikit banyak telah dimengerti oleh petugas pengisian BBM. Berdasarkan keterangan salah satu petugas SPBU Cikadut Kota Bandung, Hengky, pendaftaran untuk penggunaan pembelian Pertalite dan Solar baru akan diberlakukan besok.

"Imbauan soal penggunaan MyPertamina sudah ada, per besok. Jadi masyarakat harus segera daftar," ujar Hengky saat dihubungi, Kamis (30/6/2022).

1. Pertalite mulai ramai pembeli

Pendaftaran Akun Pembelian Pertalite-Solar di Bandung Berlaku BesokPT Pertamina Patra Niaga membuka pendaftaran kendaraan dan identitasnya di website MyPertamina per 1 Juli 2022. (Dok. Pertamina)

Hengky mengatakan bahwa kondisi SPBU Cikadut sendiri mulai malam ini dibanjiri pengendara yang membeli Pertalite. Namun, ia memastikan bahwa antrean dalam kondisi normal dan wajar seperti biasa.

"Pertalite ada, dan ramai pembeli. Dipastikan tidak habis, meski antreannya memang banyak," ucapnya.

2. Kota Bandung masuk daftar uji coba empat daerah di Jabar

Pendaftaran Akun Pembelian Pertalite-Solar di Bandung Berlaku BesokPromo MyPertamina. (IDN Times/Istimewa).

Seperti diketahui, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan bahwa pada periode 1 Juli akan ada empat kota dan kabupaten di Jabar yang akan dilakukan uji coba untuk transaksi Pertalite dan Solar bagi pengguna kendaraan roda empat yang terdaftar.

"Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis akan menjadi empat kota/kabupaten yang terlebih dahulu mulai dilakukan pendataan bagi pemilik kendaraan roda empat melalui laman subsiditepat.mypertamina.id sebagai website untuk pendaftaran masyarakat" ujar Eko, Rabu (29/6/2022).

3. Penyaluran Pertalite dan Solar dipastikan aman

Pendaftaran Akun Pembelian Pertalite-Solar di Bandung Berlaku BesokKonsumen melakukan transaksi nontunai menggunakan MyPertamina saat mengisi BBM di SPBU. (IDN Times/Istimewa).

Eko menjelaskan, Pertamina Patra Niaga sebagai operator yang ditunjuk Pemerintah dalam menyalurkan BBM Subsidi harus mematuhi regulasi yang berlaku. Regulasi itu di antaranya ialah memastikan penyaluran Pertalite dan Solar tepat sasaran dan tepat kuota.

"Perlu diketahui masyarakat, bahwa di empat kota/kabupaten ini masyarakat tidak perlu khawatir apabila belum mengunduh aplikasi MyPertamina, karena untuk registrasi cukup melakukan pendaftaran di website subsiditepat.mypertamina.id tersebut," ungkapnya.

4. Pembayaran akan sama dengan aplikasi biasa

Pendaftaran Akun Pembelian Pertalite-Solar di Bandung Berlaku BesokInstagram.com/@mypertamina

Eko menambahkan, jika kendaraan dan identitas masyarakat sudah terkonfirmasi dan terdaftar, pengguna akan mendapatkan QR code unik yang dapat digunakan melalui aplikasi MyPertamina ataupun di-print/simpan di galeri ponsel masing masing.

Setelah itu, lanjut dia, QR code tersebut nantinya akan dicocokan datanya di SPBU sebelum Pertamina melayani transaksi Pertalite dan Solar.

"Jadi untuk pembayaran pun, masih sama dengan transaksi seperti biasa. Masyarakat memiliki banyak opsional, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit/debit, ataupun pilihan non-tunai lainnya. Tidak terbatas hanya menggunakan MyPertamina," katanya.

Baca Juga: Empat Daerah Akan Uji Coba Beli BBM Subsidi Lewat Aplikasi MyPertamina

Baca Juga: Beli Pertalite Daftar di Website MyPertamina, Bayarnya Tetap Bisa Cash

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya