Comscore Tracker

Pemkot dan Forkopimda Bandung Jamin Keamanan Perayaan Natal 2019

Polisi juga bakal jaga umat kristiani beribadah

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung memastikan perayaan natal umat kristiani 2019 akan berjalan lancar dan khidmat.

Wali Kota Bandung, Oded M Danil mengatakan, selama perayaan Natal, Forkopimda Kota Bandung memastikan kondusifitas khususnya bagi umat kristiani yang akan melaksanakan ibadah.

"Saya sebagai wali kota akan memastikan bersama Forkopimda memberikan jaminan keamanan saat perayaan Natal 2019 ini," ujar Wali Kota Bandung, Oded M. Danial.

Baca Juga: Pengamanan Natal, Polisi Minta Driver Ojol Tidak Masuk Halaman Gereja

1. Pemerintah Kota Bandung harus senantiasa menjamin keamanan masyarakatnya

Pemkot dan Forkopimda Bandung Jamin Keamanan Perayaan Natal 2019IDN Times/Yogi Pasha

Menurut Oded, salah satu tugas pokok dan fungsi pemerintah yaitu memberikan rasa aman dan nyaman bagi warganya, serta memberikan rasa keadilan dan kesejahteraan. Sebab kedamaian yang diciptakan masyarakat Kota Bandung kata dia, masuk dalam bingkai NKRI.

"Oleh karena itu di mata Mang Oded, semua warga Kota Bandung khususnya ber-KTP Kota Bandung, lintas agama apa pun, sukunya, bangsanya, yang penting kita adalah satu kesatuan. Kita saudara dalam bingkai NKRI," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Natal, Wali Kota Oded: Bandung Milik Kita Bersama

2. Polrestabes Bandung berjanji akan menjaga kondusifitas Bandung

Pemkot dan Forkopimda Bandung Jamin Keamanan Perayaan Natal 2019IDN Times/Debbie Sutrisno

Ditempat sama, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Irman Sugema berjanji akan semaksimal mungkin memberikan rasa aman dan nyaman dalam rangkaian Natal 2019. Namun Irman berharap, para pengurus gereja juga bisa menjaga lingkungan internalnya.

"Itu supaya mengantisipasi dan memperkecil potensi kerawanan. Di Kota Bandung ada 156 gereja, namun ada 16 Gereja yang jadi perhatian karena jemaatnya lebih dari seribu orang," katanya.

Baca Juga: H-1 Natal, Kepolisian Pastikan Umat Kristiani Aman untuk Beribadah

3. Dandim mengaku siap bekerja sama menjaga kondusifitas Kota Bandung

Pemkot dan Forkopimda Bandung Jamin Keamanan Perayaan Natal 2019IDN Times/Andra Adyatama

Sementara, Dandim 0618/BS Kolonel Inf Herry Subagyo mengatakan, sebagai bagian dari Forkopimda, Kodim 0618/BS siap bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban saat perayaan Natal 2019.

"Untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut, kami bekerja sama dalam pengamanan Natal 2019 di Kota Bandung bersama Polrestabes dan unsur lainnya," ujar Herry.

Baca Juga: Hari Ini Belum Ada Petugas Pengamanan di Gereja - gereja Palembang

4. Umat kristiani harus dalam damai dan nyaman merayakan Natal 2019

Pemkot dan Forkopimda Bandung Jamin Keamanan Perayaan Natal 2019IDN Times/Azzis Zulkhairil

Herry mengimbau, kepada umat kristiani agar selalu tenang, damai, dan merasa nyaman dalam menjalani rangkaian perayaan Natal 2019 di Kota Bandung.

"Kami bersama unsur terkait lainnya, siap menjamin keamanan, kelancaran dan ketertiban. Bantu personel kami di lapangan dalam bentuk informasi, data, keterangan agar semua berjalan lancar," ucapnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya