H-1 Natal, Kepolisian Pastikan Umat Kristiani Aman untuk Beribadah

Jibom Brimob dan Polrestabes sudah periksa keamanan gereja

Bandung, IDN Times - Kepolisian dari Polrestabes Bandung dan Tim Penjinak Bom (Jibom), Brimob Polda Jabar memastikan pelaksanaan Natal pada Rabu(25/12), aman bagi umat kristiani. Pihak kepolisian menjamin seluruh gereja di Kota Bandung akan mendapatkan penjagaan personel.

Tidak hanya iti, Jibom Brimob, Polda Jawa Barat, beserta Polrestabes Bandung juga telah melakukan sterilisasi dan pemasangan alat keamanan jelang perayaan Natal di Gereja Katedral Santo Petrus, Jalan Jawa, Selasa (24/12).

Kabag Ops, Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Polisi Widodo mengatakan, kepolisian melaksanakan deteksi dan sterilisasi tidak hanya di Gereja Katedral, melainkan di beberapa Gereja lain di Kota Bandung.

"Ini bentuk daripada pemenuhan SOP sebagaimana yang harus dilaksanakan oleh kepolisian untuk memberikan rasa aman, rasa nyaman kepada para jemaah sehingga lokasi ini bisa digunakan untuk pelaksanaan Natal," ujar Widodo saat ditemui di lokasi.

1. Pengecekan dilakukan dari dalam hingga luar Gereja

H-1 Natal, Kepolisian Pastikan Umat Kristiani Aman untuk BeribadahIDN Times/Azzis Zulkhairil

Teknis dari pengecekan itu sendiri meliputi, pengecekan ruangan kemudian lokasi-lokasi yang dipergunakan oleh jemaah, kepanitiaan dan lokasi-lokasi lain di sekitar gereja katedral. Dimana seluruh pemerikasaan kata dia, menggunakan alat jilbom

"Pemeriksaan tadi menggunakan miror maupun metal detektor, kemudian di gerbang akan dipasang sekdor yang nanti diawali oleh anggota Polrestabes Bandung dari satuan Sabhara," ungkapnya.

2. Jumlah personel polisi sangat kondisional

H-1 Natal, Kepolisian Pastikan Umat Kristiani Aman untuk BeribadahIDN Times/Azzis Zulkhairil

Sedangkan untuk banyaknya jumlah personel yang akan dikerahkan, Widodo menyebutkan, jumlah personel sangat situasional dan tidak bisa ditebak jumlah pastinya, namun ia menjamin keamanan akan tetap diberikan secara maksimal.

"Kalau personel situasional, tapi kami menghitungnya cukup untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pelaksanaan kegiatan peringatan Natal," jelasnya.

Baca Juga: Sejarah Gereja Kristen Pasundan, Tempat Ibadat Tertua di Cirebon

3. Pengamanan difokuskan di 12 Gereja di Kota Bandung

H-1 Natal, Kepolisian Pastikan Umat Kristiani Aman untuk BeribadahIDN Times/Azzis Zulkhairil

Untuk Gereja lain di Kota Bandung, dikatakan dia, ada beberapa yang memang akan diberi skala prioritas, total akan ada 12 Greja dari 163 Gereja yang akan diberikan pengamanan saat perayaaan natal Rabu (25/12).

"Gereja prioritas ada 12 dari 163 gereja yang harus kami laksanakan pengamanan. Semuanya kita sterilisasi sebagaimana SOP-nya kami punya kewajiban untuk melaksanakan itu," katanya.

Baca Juga: Libur Natal, 6 Pasar Natal yang Wajib Kamu Kunjungi di Berbagai Negara

4. Pengamanan dua lapis untuk jemaah

H-1 Natal, Kepolisian Pastikan Umat Kristiani Aman untuk BeribadahIDN Times/Azzis Zulkhairil

Sedangkan untuk penganan pada hari H, jemaah juga akan dilakukan pemeriksaan berlapis, di mana sebelum masuk para jemaah akan diperiksa, kemudian di dalam juga akan ada pemeriksaan.

"Pengamanan dalam juga disiapkan karena beliaulah yang mengetahui mana jemaahnya dan mana yang bukan sehingga beliau lebih fokus dan itu bisa kita kolaborasikan," kata dia.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya