Jelang Natal, Wali Kota Oded: Bandung Milik Kita Bersama

Oded pastikan umat Protestan dan Katolik aman beribadah

Bandung, IDN Times – Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan jika setiap masyarakat Kota Bandung punya hak untuk tentram beraktivitas dalam kegiatan keagamaan. Sebab, kata Oded, Bandung merupakan rumah bersama yang harus dijaga oleh setiap masyarakatnya.

“Kita bersama-sama membangun Kota Bandung tetap kondusif. Karena Kota Bandung merupakan milik bersama, dan rumah kita bersama,” kata Oded, pada Acara Silaturahmi bersama para pemuka Agama Protestan dan Katolik di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat (20/12/2019) malam.

1. Oded gelar acara silaturahmi dengan tokoh Protestan dan Katolik

Jelang Natal, Wali Kota Oded: Bandung Milik Kita BersamaGereja Ijen kota Malang sudah siap menyambut Natal tahun 2019. Dok/ Istimewa

Mang Oded, sapaan akrab daripada Oded, mengatakan jika silaturahmi Wali Kota dengan pemuka agama Protestan dan Katolik merupakan kegiatan silaturahmi. Agendanya, Oded ingin memastikan pada masyarakat Bandung yang memeluk agama Protestan dan Katolik agar tetap merasa nyaman utamanya dalam kegiatan hari raya Natal.

"Kita bukan sekedar saling berkenalan saja, tetapi membangun perasaudaraan agar saling melengkapi, saling tolong menolong di antara kita," ujarnya, dalam rilis yang diterima IDN Times.

2. Toleransi merupakan keharusan

Jelang Natal, Wali Kota Oded: Bandung Milik Kita BersamaPixabay/billyhalim

Dalam kegiatan itu, Oded membuktikan bahwa toleransi antarumat beragama merupakan sebuah keharusan. Bermasyarakat tanpa memandang agama yang dipercayai membawa kehidupan yang lebih damai untuk masyarakat Kota Bandung.

Menurut Oded yang memeluk agama Islam, persaudaraan yang dimaksud dalam hal ini ada banyak seperti ukhuwah Islamiyah, ukhuwah wathaniyah, ukhuwah insaniyah, dan ukhuwah basyariah.

"Dari berbagai konsep persaudaraan, persaudaraan agama hanya satu, namun basyariyah, kebangsaan, kekeluargaan lebih banyak. Oleh karena itu di dalam kegiatan atau kehidupan sehari-hari kita lebih banyak kesamaannya," katanya.

3. Apa kata tokoh Protestan dan Katolik?

Jelang Natal, Wali Kota Oded: Bandung Milik Kita Bersamawhychristmas.com

Sementara itu, Pastor Abu Kasman OSC mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Bandung yang telah menggelar pertemuan tersebut. Hal ini bisa lebih saling mengenal satu sama lainnya, terutama menjelang perayaan Natal 2019.

"Kami sebagai umat Katolik sebagai bagian warga Kota Bandung mengharapkan kota yang besar ini memiliki sifat ramah terhadap siapa pun. Apalagi pada kesempatan Natal dan Tahun Baru banyak dikunjungi warga dari luar kota, yang secara khusus berkunjung ke Katedral," tutur dia.

Sedangkan Pendeta Yohanes yang mewakiliki FGIS Kota Bandung, mengaku bersemangat menghadiri acara silaturahmi tersebut. Pasalnya, ia merasa menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Kota Bandung.

"Penduduk Bandung yang sangat heterogen, tetapi antar umat beragamanya harmonis. Ini menunjukkan keindahan bersama," ucapnya.

Baca Juga: Program Kerja Oke, Oded hingga Cellica Dapat Penghargaan Kepemudaan

4. Bandung kota toleran

Jelang Natal, Wali Kota Oded: Bandung Milik Kita Bersamabpsdm.pu.go.id

Perwakilan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKUB) Kota Bandung, KH. Wahyu Afif Al –Ghafiqi, memandang bahwa Kota Kembang merupakan daerah yang damai dan toleran dalam hubungan antarumat beragama.

"Kerukunan dan kedamaian adalah modal membangun sebuah bangsa, kota, dan tatanan masyarakat, maka kita harus perjuangkan hal tersebut," katanya.

"Soal kerja sama antar umat beragama, Kota Bandung patut dijadikan teladan. Kampung toleransi sudah ada lima, rumah ibadah yang saling berdekatan.  Orang-orang itu saling rukun dan damai, walau pun berbeda keyakinan," tutur Wahyu.

Baca Juga: Chickenisasi Berhasil, Oded Bakal Tambah 10 Ribu Anak Ayam di Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya