Comscore Tracker

Pemkot Bandung Ancam Kurangi TKD Bagi ASN Nekat Mudik Idul Fitri 2021

Pemkot Bandung tidak main-main soal sanksi ini!

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung menegaskan akan memberikan sanksi pengurangan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi Aparatur Sipil Negara ( ASN) yang nekat melakukan mudik Idul fitri 2021.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, aturan ini tentunya sudah berdasarkan dari peraturan pemerintah pusat. Pemkot Bandung sendiri mengikuti sejumlah aturan tersebut.

"Kalau ada ASN tidak patuh. Ada sanksi macam-macam, seperti TKD dikurangi yang pasti bagian dari pemerintah harus ikut aturan," ujar Yana di Kecamatan Cicendo, Senin (29/4/2021).

1. Jangan sampai terjadi peningkatan kasus seperti di India

Pemkot Bandung Ancam Kurangi TKD Bagi ASN Nekat Mudik Idul Fitri 2021Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Larangan mudik merupakan hal yang paling penting untuk mencegah meningkatnya kasus COVID-19 di Kota Bandung. Sebab, kasus peningkatan angka corona di Kota Bandung diakibatkan karena libur panjang.

"Ini demi kebaikan kita semua, jangan sampai transmisi terjadi virus ke kampung atau ke kota. Kita harus belajar dari India, kemarin turun tiba tiba-tiba ada acara di sungai gangga ramai, sekarang mereka kasus meningkat," tuturnya.

2. Kota Bandung panen COVID-19 setiap libur panjang

Pemkot Bandung Ancam Kurangi TKD Bagi ASN Nekat Mudik Idul Fitri 2021Ilustrasi mudik. IDN Times/Imam Rosidin

Setiap libur panjang, peningkatan tidak terjadi secara langsung. Khusus di Kota Bandung biasanya peningkatan kasus baru terlihat setelah dua pekan pasca libur panjang. Menurut Yana, hal ini tidak bisa diabaikan atau ditutup-tutupi.

"Setiap libur panjang panen penambahan kasus, seperti kemarin imlek, jadi kalau libur panjang kita kendorkan audubillah," ungkapnya.

3. Penyekatan jalan penting dilakukan Polrestabes Bandung

Pemkot Bandung Ancam Kurangi TKD Bagi ASN Nekat Mudik Idul Fitri 2021Ilustrasi Moda Transportasi untuk Mudik. (IDN Times/Mardya Shakti)

Yana mengimbau agar masyarakat terutama ASN harus tetap mengikuti aturan pemerintah tidak melakukan mudik. Kota Bandung, dikatakan dia, akan menerapkan juga penyekatan di beberapa titik jalan.

"Ini kepentingan lebih banyak. Penyekatan itu jelas dari Mabes Polri ada. Karena dan sanksi yang saya baca mau ditilang mau apa," katanya.

4. Polrestabes Bandung akan paparkan penyekatan jalan besok

Pemkot Bandung Ancam Kurangi TKD Bagi ASN Nekat Mudik Idul Fitri 2021IDN Times/Humas Bandung

Terpisah, Polrestabes Bandung sampai saat ini sudah memutuskan beberapa langkah dari mudik Idul fitri 2021 di tengah pandemik COVID-19. Namun, langkah ini baru akan dipaparkan pada besok, Selasa (20/4/2021).

"Kita paparkan besok yah, soal penyekatan jalan, terus beberapa hal teknis lainnya," ujar Kapolrestabes Bandung Ulung Sampurna Jaya di Mapolrestabes Bandung, Senin (19/4/2021).

Baca Juga: Berlakukan Tilang Elektronik, Polrestabes Bandung Sudah Punya 9 CCTV

Baca Juga: Kejar PTM Juli 2021, Pemkot Bandung Kebut Vaksinasi Tenaga Pendidik

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya