Pedagang Positif Corona, Tiga Pasar di Bandung Baru Ditutup Hari Ini

Banyak pedagang yang belum mengetahui ada kasus positif

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung telah mengumumkan adanya kasus positif pedagang di tiga pasar tradisional pada Senin(8/6). Namun, pada Selasa(9/6) pagi, ketiga pasar tradisional ini belum ditutup oleh Pemerintah Kota Bandung.

Tiga pasar tradisional yakni Pasar Leuwi Panjang, Pasar Haurpancuh dan Pasar Sadang Serang baru ditutup petugas pada Selasa siang.

Berdasarkan pantauan IDN Times, sejumlah pasar yang ditemukan kasus pedagang positif virus corona masih beroperasi pada Selasa pagi. Seperti yang terjadi di Pasar Leuwipanjang dan Sadang Serang. Kedua pasar tradisional ini tetap beraktivitas jual-beli sejak pagi. Namun, sekitar pukul 12:30 WIB, aktivitas pasar mulai berhenti setelah sejumlah petugas dari Satpol PP Kota Bandung mendatangi lokasi.

Begitu juga dengan kondisi di Pasar Leuwipanjang. Aktivitas warga dan pedagang juga terpantau ramai sejak pagi. Namun, pada pukul 11:00 WIB pasar sudah mulai ditutup.

1. Pedagang menilai wali kota Bandung terburu-buru

Pedagang Positif Corona, Tiga Pasar di Bandung Baru Ditutup Hari IniIDN Times/Humas Bandung

Adapun perwakilan dari pedagang Pasar Sadang Serang Aris Hermansyah mengatakan, para pedagang sangat keberatan dari keputusan Pemkot Bandung untuk menutup sementara Pasar Sandang Serang tanpa melakukan koordinasi dengan para pedagang.

"Mewakili para pedagang Pasar Sadang Serang, sangat keberatan dengan pernyataan Pak wali kota Bandung di berbagai media, yang menyatakan ada satu pedagang di Pasar Sadang Serang Positif COVID-19," ujar Aris dalam rilis yang diterima IDN Times.

2. Pedagang Pasar Sadang Serang minta Wali Kota Bandung klarifikasi

Pedagang Positif Corona, Tiga Pasar di Bandung Baru Ditutup Hari IniIDN Times/Humas Bandung

Aris menuturkan, dari pemberitaan tersebut banyak pedagang yang resah dan berimbas pada sepinya pembeli. Jika pembeli sepi dipastikan omzet juga ada penurunan. Menurutnya, para pedagang banyak menyesalkan pemberitaan dari Wali Kota Bandung tersebut.

"Berimbas terhadap anjloknya omzet pedagang, dan juga ketakutan yang mendalam bagi pembeli yg akan berbelanja ke Pasar Sadang Serang," ungkapnya.

Ia juga meminta Pemkot Bandung melakukan klarifikasi pada pedagang dan bisa menjelaskan secara jelas bahwa benar ada seorang pedagang yang positif COVID-19 tersebut. Jika benar ada, pedagang Pasar Sadang Serang dipastikan akan mengikuti seluruh aturan yang berlaku.

"Kami mohon klarifikasinya dari Pak Wali Kota Bandung dan Media yg memuat statement walikota Bandung, untuk membuktikan jika benar ada pedagang Pasar Sadang Serang yang fix positif COVID-19," tuturnya.

"Jika benar ada pedagang pasar sadang serang yg positif korona, kami akan mengikuti arahan dari Pak Walikota," tambahnya.

3. PD Pasar sebut tidak semua pasar ditutup

Pedagang Positif Corona, Tiga Pasar di Bandung Baru Ditutup Hari IniIDN Times/Yogi Pasha

Sementara itu, Dirut PD Pasar Bermartabat, Herry Hermawan mengatakan, penutupan tiga pasar hanya dilakukan di blok tertentu saja. Penutupan pasar tidak dilakukan secara menyeluruh dan akan dengan cara bertahap.

"Saat ini Pasar Leuwipanjang sudah tutup semua, Sadang Serang dalam proses, Pasar Haurpancuh yang terpapar positif COVID-19 adalah PKL. Itu PKL, bukan pasar di bawah kami," kata Herry saat dihubungi, Selasa (9/6).

4. Penyemprotan disinfektan akan dilakukan PD Pasar

Pedagang Positif Corona, Tiga Pasar di Bandung Baru Ditutup Hari IniIDN Times/Humas Bandung

Herry menambahkan, langkah ke depan dari PD Pasar adalah melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa pasar dan mendata semua pedagang untuk dilakukan tes virus corona oleh UPT Pasar masing-masing.

"Menyemprot disinfektan di pasar-pasar tersebut, mendata semua pedagang di pasar untuk di rapid test oleh UPT Puskesmas setempat," kata dia.

Baca Juga: Waspada! Pemkot Umumkan Tiga Klaster Baru Virus Corona di Kota Bandung

Baca Juga: Pengamat: Pemkot Bandung Tak Punya Kreativitas dalam Tangani COVID-19

Baca Juga: Pemkot Bandung Nyatakan Enam Orang Balita Positif COVID-19 Sembuh

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya