Dinkes Catat 27 Tenaga Kesehatan di Bandung Positif COVID-19

Dinkes terus lakukan tes masif virus corona

Bandung, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mencatat sebahyak 27 tenaga kesehatan yang hertugas di 30 puskesmas terinfeksi virus corona atau COVID-19.

Kasus tersebut diketahui setelah Dinkes Bandung melakukan tes masif virus corona sejak pandemik COVID-19.

"Pemeriksaan dilakukan terhadap 1.046 orang dan hasil swab ditemukan 27 nakes positif di 30 puskesmas," ujar Kepala Dinkes Bandung, Rita Verita pada wartawan di Balai Kota Bandung, Senin (8/6).

1. Tes dilakukan melalui berbagai tahap dan dijadwalkan secara khusus

Dinkes Catat 27 Tenaga Kesehatan di Bandung Positif COVID-19Ilustrasi pemeriksaan suhu penumpang di terminal Alang Alang Lebar Palembang (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Rita menuturkan, tes dilakukan secara bertahap, baik dari rapid test kemudian tes swab dan menunggu hasil tes itu sendiri. Jadwal tes untuk Nakes sebelumnya juga dipersiapkan sehingga tidak ada pelayanan yang terganggu.

"Jadi tes dilakukan secara terjadwal, hari ini Puskesmas ini, besok ini gitu. Kita atur, pelayanannya SDM nya juga, protokolnya diatur, pencegahannya infeksinya lebih ditingkatkan lagi," ungkapnya.

2. Empat pedagang pasar juga dinyatakan positif COVID-19

Dinkes Catat 27 Tenaga Kesehatan di Bandung Positif COVID-19Ilustrasi Pasar (IDN Times/ Lia Hutasoit)

Sebagaimana diketahui, selain Nakes, empat orang pedagang di tiga pasar Kota Bandung juga dinyatakan positif virus corona COVID-19. Dari kasus tersebut, Pemerintah Kota Bandung menutup sementara Pasar Leuwi Panjang, Pasar Haurpancuh dan Pasar Sadang Serang.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengatakan, ke empat pedagang yang kini dinyatakan positif COVID-19 tersebut diketahui berdasarkan hasil dari rapid tes dan tes PCR Dinas Kesehatan Kota Bandung. Menurutnya, hal tersebut menjadi alaram agar masyarakat lebih berhati-hati dan disiplin terapkan protokol pencegahan COVID-19.

"Jadi ini pembelajaran bahwa, perilaku di ruang publik berdampak pada kawasan itu secara keseluruhan, kalau ada yang kena maka akan berdampak ke yang lainnya," ungkap Oded.

3. Dinkes Bandung akan lacak siapa saja yang berinteraksi dengan pasien positif COVID-19

Dinkes Catat 27 Tenaga Kesehatan di Bandung Positif COVID-19IDN Times/Humas Bandung

Soal pedagang pasar, Dinkes Kota Bandung melakukan tes secara bertahap mulai dari rapid test ke 1.044 pedagang di 43 pasar dan dari hasil tersebut keluar 45 pedagang dinyatakan reaktif. Setelah itu, masuk tes swab dan dinyatakan ada empat orang positif COVID-19.

Dinkes Kota Bandung juga akan melakukan stracing atau pelacakan pada beberapa anggota keluarga atau orang yang melakukan kontak dengan para pedagang tersebut. Bagi konsumen yang merasa ada kontak dengan pedang tersebut maka diizinkan untuk melakukan rapid test.

Baca Juga: Waspada! Pemkot Umumkan Tiga Klaster Baru Virus Corona di Kota Bandung

Baca Juga: Pemkot Bandung Nyatakan Enam Orang Balita Positif COVID-19 Sembuh

Baca Juga: Pemkot Bandung Belum Izinkan Siswa ke Sekolah Selama Pandemik COVID-19

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya