2 Pelajar Asal Jabar Jadi Pengibar Bendera HUT RI Perdana di IKN

Keduanya berasal dari Sumedang dan Bekasi

Bandung, IDN Times - Sebanyak dua orang pelajar asal Jawa Barat resmi menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 17 Agustus 2024.

Kepala Bidang Idelogi dan Wawasan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Jabar, Roni Sukmaya mengatakan, dua pelajar ini sudah resmi dan telah dikukuhkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk nantinya bertugas sebagai pengibar bendera di HUT ke-79 RI di IKN.

"Dua orang yang telah dikukuhkan, Johanes Adhyaksa Pesik Langie dari SMA Presiden, Jababeka, dan Sofia Sahala dari SMAN Negeri Situraja, Sumedang," ujar Roni saat ditemui di Gedung Sate, Rabu (14/8/2024).

1. Keduanya tengah menjalani latihan di IKN

2 Pelajar Asal Jabar Jadi Pengibar Bendera HUT RI Perdana di IKNPresiden Jokowi kukuhkan Paskibraka 2024 di IKN (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Roni menuturkan, nantinya tugas dua pelajar asal Jabar ini akan mengibarkan bendera bersamaan dengan beberapa Paskibra perwakilan dari provinsi lainnya. Adapun saat ini keduanya tengah menjalani latihan.

"Dua-duanya kalau tidak salah sebagai pengibar bendera. Sekarang sudah di IKN, kalau tidak salah ya, karena mereka kan harus mulai latihan," tuturnya.

2. Latihan dilakukan untuk menyesuaikan dengan medan di lapangan

2 Pelajar Asal Jabar Jadi Pengibar Bendera HUT RI Perdana di IKNPresiden Jokowi kukuhkan Paskibraka 2024 di IKN (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Dua pelajar asal Jabar ini, kata Roni, tengah mengikuti latihan dengan anggota lainnya di IKN karena menyesuaikan medan yang ada. Hal ini sesuai dengan Paskibra di tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Karena memang ada disesuaikan dengan kondisi lapangan di sana (IKN). Sama seperti yang tingkat provinsi, pekan kemarin sudah mulai latihan di Gasibu," katanya.

3. HUT ke-76 RI akan digelar perdana di IKN

2 Pelajar Asal Jabar Jadi Pengibar Bendera HUT RI Perdana di IKNPresiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Plaza Seremoni Sumbu Kebangsaan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Rabu (14/8/2024). Foto Sekretariat Presiden

Sebelumnya HUT ke-76 RI digelar di IKN dengan beberapa undangan. Meski begitu, Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, mengatakan warga bisa masuk ke area Ibu Kota Nusantara (IKN) saat upacara peringatan HUT ke-79 RI.

Yusuf mengatakan, untuk tahun 2024, Istana tidak menyediakan laman pendaftaran warga yang ingin ikut hadir di HUT ke-79 RI. Dengan begitu tak ada "war" undangan agar bisa hadir di upacara HUT ke-79 RI di IKN.

Padahal, biasanya pemerintah menyediakan laman khusus pendaftaran warga yang ikut hadir di Istana saat upacara kenaikan dan penurunan bendera HUT RI.

"Diundang, ada undangan, kami kerja sama dengan gubernur, bupati, pangdam, kapolda, mereka siapkan list," ujar Yusuf kepada jurnalis, Jumat (9/8/2024).

Baca Juga: Terbanyak se-Jabar, DPS Pilbup Sukabumi Capai 1.987.992

Baca Juga: HIPMI Jabar Bantah Armor Toreador sebagai Pengurus Organisasi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya