SD Telkom Batam Kembangkan Metode Pembelajaran Gamifikasi
Ajak siswa belajar melalui game edukasi
Follow IDN Times untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Bandung, IDN Times - Sekolah Dasar (SD) di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Bandung, yakni SD Telkom Batam mengembangkan metode pembelajaran berbasis teknologi yakni mengajak siswa interaktif dengan membuat game edukasi.
"Peserta didik lebih tertarik karena pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Belajar tidak lagi membosankan. Interaksi dengan sesama teman dan guru lebih bagus lagi, sehingga membuat sosialisasi peserta didik terlihat semakin baik," ujar Kepala Sekolah SD Telkom Batam, Maya Indira, Rabu (17/3/2024).
Dia menyebutkan, melalui game edukasi yang dibuat, sekaligus melatih siswa dalam berpikir sistematis, pandai menganalisis hingga bisa menemukan problem solving. Dari game yang dibuat juga merangsang kreativitas setiap siswa lebih berkembang.
1. Hasil pembelajaran siswa akan ditampilkan melalui gelar karya
Siswa mempelajari game mengunakan software scratch, wordwall, atau roblox. Game yang dibuat tentu saja untuk mengedukasi, seperti game cara pemilihan/pengelompokkan sampah, menghemat Listrik, dan lainnya. Hasil yang dibuat siswa akan ditampilkan sekali setiap tahunnya melalui gelar karya.
"Gelar karya sangat dinanti. Setiap peserta didik akan memamerkan karya mereka, dan ini juga membuat para orang tua merasa bangga akan karya anaknya," tegas Maya.