TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waspada, Pasca Lebaran Hujan Akan Terjadi Selama Sepekan di Jabar

Jaga kesehatan kalian pasca mudik yah

Genangan air hujan yang terjadi di Jalan Pemurus Dalam, Banjarmasin Selatan.

Bandung, IDN Times - Musim libur Lebaran sudah selesai. Mulai besok, Selasa (16/4/2025), masyarakat akan beraktivitas seperti biasa termasuk para pekerja.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat bisa waspada dalam beraktivitas khususnya di luar ruangan karena hujan diprediksi masih terjadi dalam sepekan ke depan.

1. Ini penyebab hujan masih terjadi

ilustrasi wanita pegang payu (pexels.com/Pixabay)

Mengutip informasi dari BMKG Jawa Barat Sabtu (14/4/2024), diprakirakan terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan dan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jabar, di antaranya yakni suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia relatif hangat.

Selain itu Gelombang Atmosfer tipe Equatorial Rossby diprakirakan kembali aktif di wilayah Jabar pada akhir pekan. Terdapat juga sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia sebelah barat Sumatra dan di sekitar Selat Karimata sebelah barat Kalimantan.

"Kondisi tersebut menyebabkan terbentuknya daerah belokan angin (shearline) di Laut Jawa sebelah utara Jawa Barat. Labilitas atmosfer secara umum sangat bervariasi yakni pada kategori labil ringan hingga kuat," mengutip siaran pers tersebut.

2. Hujan bisa disertai petir

Ilustrasi kondisi cuaca buruk (unsplash.com/@noaa)

Berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, lokal, model cuaca deterministik dan probabilistik, diprakirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat.

BMKG pun memprediksi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat hingga sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat.

Berita Terkini Lainnya