TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sekda Pastikan Perubahan Lajur di Depan Mal PVJ Tergantung Satlantas

Butuh kajian mendalam untuk ubah jalur jalan raya

ilustrasi lalu-lintas yang padat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Bandung, IDN Times - Satlantas Polrestabes Bandung masih melakukan kajian terkait perubahan lajur di Jalan Sukajadi yang berada di depan Mal Paris Van Java, Kota Bandung. Dari lajur yang saat ini digunakan searah rencananya bakal dikembalikan seperti sembula menjadi dua arah.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna menuturkan, dia sudah berbicara dengan dinas perhubungan yang berkaitan langsung dengan rencana perubahan lajur tersebut. Menurutnya, perubahan lajur dari satu arah menjadi dua arah seluruhnya kewenangan dari Satlantas yang lebih tahu kondisi kemacetan di sana.

"Saya belum bisa berkomentar. Selama itu niatnya baik, ya harus kita dukung , tapi kan itu semua harus terukur," kata Ema, Senin (9/10/2023).

 

1. Harus ada kebermanfaatan dari perubahan lajur tersebut

ilustrasi jalan rusak (IDN Times/Esti Suryani)

Ema tak menampik banyak masyarakat yang mengeluh dengan perubahan lajur di Jalan Sarijadi yang awalnya dibagi dua menjadi satu arah. Meski demikian, mengembalikan kembali ke dua jalur pun tidak mudah karena banyak hal yang harus dimatangkan.

Jangan sampai perubahan tersebut justru lebih banyak rugi dari pada keuntungannya bagi masyarakat maupun para pelaku usaha.

"Coba dimatangkan dulu, semuanya harus serba terukur bagaimana nilai kemannfaatan itu harus dikedepankan," kata dia.

2. Banyak warga mengeluh kesulitan akses transportasi umum

Dok.IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Eko Iskandar mengatakan, rencana pemberlakuan jalur dua arah di Jalan Sukajadi, Kota Bandung, merupakan respon dari aspirasi masyarakat. Saat ini Satlantas Polrestabes Bandung dan instansi terkait tengah melakukan survei kelayakan untuk pemberlakuan jalur dua arah di jalan tersebut.

"Jadi, kita masih tahap pengkajian bersama Dishub Provinsi dan Kota, tujuan pengkajian ini dalam rangka menampung aspirasi masyarakat yang pro dan kontra. Jadi, banyak juga masyarakat yang menghendaki jalan ini dibuat dua arah dan banyak juga yang ingin tetap satu arah," kata Eko, Sabtu (7/10/2023).

Eko mengungkapkan, banyak warga yang mengalami kesulitan untuk memeroleh akses transportasi umum dengan pemberlakuan satu arah di Jalan Sukajadi. Sehingga, mereka menghendaki adanya jalur dua arah di Jalan Sukajadi Kota Bandung.

"Salah satunya kesulitan mencari angkutan umum, jadi warga Sukajadi khususnya kalau mau cari angkot, dari Jalan Sukajadi harus jalan kaki bahkan sampai ke Cihampelas," ungkapnya.

Tak hanya soal akses transportasi umum, pemberlakuan jalur satu arah juga dinilai berdampak pada sepinya pengunjung khususnya di area pasar Sukajadi.

"Kemudian ada juga keluhan dari pedagang yang sepi, karena banyak faktor ini, kita tidak hanya melihat dari sisi lalu lintasnya saja, tentu saja nanti ada aspek sosial dan ekonomi," jelasnya.

Baca Juga: Jalan Sukajadi Bandung Kembali Terapkan Dua Arah?

Baca Juga: ASN Balai Kota Bandung Gelar Salat Istisqa di Bawah Terik Matahari

Berita Terkini Lainnya