Pemprov Jabar Beri Teguran Acara Kaesang di SOR Arcamanik

Kegiatan politik tidak boleh digelar di gedung pemerintah

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat memberikan teguran pada panitia Gerakan Generasi Milenial Indonesia (GGMI) yang mendatangkan Kaesang Pangarep di SOR Arcamanik pada Minggu (8/10/2023).

Dalam kegiatan yang dihadiri Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu ada banyak terpasang atribut partai politik. Adapun dalam aturan, gedung milik pemerintah tidak diperkenankan untuk kegiatan politik.

1. Panitia tidak menjelaskan jika kegiatan ini mengandung unsur politik

Pemprov Jabar Beri Teguran Acara Kaesang di SOR Arcamanikgoogle.com

Sekretaris Daerah Dinas Pemuda dan Olahraga Gilang Syailendra mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima Sikasepora (Sistem Informasi Kawasan terpadu Pemuda dan Olahraga), acara yang dihadiri Kaesang itu awalnya ditujukan untuk internal organisasi.

Dispora juga sebelumnya sudah meminta panitia untuk tidak menggelar kegiatan politik, termasuk memasang bendera parpol, mengenakan atribut serta pakaian parpol atau pasangan calon dan berorasi politik.

"Panitia akan menggunakan Youth Center untuk kegiatan internal organisasi, tidak menyampaikan akan dihadiri oleh Kaesang," kata Gilang, melalui keterangan resmi, Senin (9/10/2023).

2. Surat teguran akan dikirimkan segera

Pemprov Jabar Beri Teguran Acara Kaesang di SOR ArcamanikKaesang Pangarep ketika tampil di video YouTube dan mengaku siap sebagai Depok Pertama. (Tangkapan layar YouTube Kaesang)

Gilang mengungkapkan, Dispora mendapat informasi jika Kaesang sebagai Ketum PSI akan hadir dalam kegiatan di SOR Arcamanik pada Sabtu (7/10/2023) malam. Baru pada hari H, informasi kehadiran Kaesang dipastikan.

Kemudian, pihak keamanan SOR Arcamanik juga mendapati pemasangan spanduk acara pada Minggu pagi. Karena hal itu, Gilang memastikan Dispora akan segera melayangkan surat teguran kepada panitia acara di SOR Arcamanik.

"Atas kejadian itu, Dispora segera mengirimkan surat teguran kepada penyelenggara acara," tegas Gilang.

3. Pemprov Jabar akan keluarkan surat edaran larangan

Pemprov Jabar Beri Teguran Acara Kaesang di SOR ArcamanikPresiden Joko "Jokowi" Widodo (kanan) bersama putra bungsunya Kaesang Pangarep (www.instagram.com/@kaesangp)

Lebih lanjut, Gilang menjelaskan, Pemprov Jabar akan mengeluarkan aturan peminjaman fasilitas milih pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya hal serupa. Kegiatan politik seperti ini juga diharapkan tidak akan dalam beberapa waktu ke depan.

"Sebagai tindak lanjut, Pemdaprov akan menyusun surat edaran perihal peminjaman fasilitas milik Pemdaprov Jawa Barat serta netralitas ASN kepada OPD, Biro, BUMD. Pemdaprov juga segera menggelar rakor bersama Bawaslu, KPU, dan Forkopimda," katanya.

Untuk diketahui, Kaesang melakukan safari di Kota Bandung sejak Sabtu (7/10/2023). Kemudian, keesokan harinya dia bertemu dengan kelompok milenial di Youth Space Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung.

Awalnya, Kaesang diberi kesempatan untuk berdiskusi bersama anak muda. Kaesang ogah tampil formal di atas mimbar. Dia turun dan menemui perwakilan milenial yang datang ke acara itu.

Baca Juga: Berkunjung ke KBB, Anies Baswedan Dapat Wejangan Khusus dari Ulama

Baca Juga: Sapa Warga KBB, Anies Baswedan Singgung Soal Banyakanya Gangguan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya