Jalan Sukajadi Bandung Kembali Terapkan Dua Arah?

Rencana ini masih dalam kajian bersama Pemerintah Daerah

Bandung, IDN Times - Rencana perlakuan dua arah di Jalan Sukajadi semakin serius. Satlantas Polrestabes Bandung kini mengkaji lebih lanjut wacana tersebut bersama dengat Dishub Jabar, dan Pemkot Bandung.

Adapun pengkajian atau survei dilakukan sejak pukul 13.00 WIB sampai 16.00 WIB, dari Jalan Sukajadi, hingga ke Jalan Cipaganti dan Cihampelas, pada Sabtu (7/10/2023).

Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Eko Iskandar mengatakan, pengkajian ini dilakukan dengan menghitung rasio, kecepatan dan volume kendaraan yang melintas hingga titik-titik crossing.

"Jadi, sampai hari ini kita masih tahap pengkajian, karena ini bukan satu hal yang gampang, butuh perhitungan dan kajian yang matang," ujar Eko, Sabtu (7/10/2023).

1. Satlantas Polrestabes Bandung menunggu hasil kajian

Jalan Sukajadi Bandung Kembali Terapkan Dua Arah?Ilustrasi mengurai kemacetan (IDN Times/Humas Bandung)

Eko menjelaskan, Satlantas Polrestabes Bandung kini masih belum bisa menyimpulkan langsung hasil dari kajian ini, sebab kajian baru sebatas tahap pengumpulan data. Setelah itu, baru dilakukan simulasi dan sosialisasi kepada masyarakat.

"Pada saat nanti sudah ada formula atau konsep matang, kita akan ajak unsur terkait termasuk perwakilan organda, pedagang kaki lima dan masyarakat Sukajadi, akademisi dan lainnya," katanya.

2. Jalan Cipaganti juga harus ada skema pengaturan baru

Jalan Sukajadi Bandung Kembali Terapkan Dua Arah?Ilustrasi jalan raya (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Kemudian, jika nantinya Jalan Sukajadi diterpakan dua arah, kemungkinan besar akan diikuti oleh Jalan Cipaganti. Namun, kata dia, sampai saat ini belum ada keputusan apapun karena masih dalam tahap pengkajian.

"Jadi, tentu saja kalau Jalan Sukajadi jadi dua arah, kami harus mencarikan solusi Jalan Cipaganti ini harus dibuat bagaimana agar tetap seimbang," ucapnya.

3. Masyarakat banyak menginginkan Jalan Sukajadi dua arah

Jalan Sukajadi Bandung Kembali Terapkan Dua Arah?internet

Adapun pertimbangan melakukan kajian di Jalan Sukajadi, kata Eko, ialah dalam rangka menampung aspirasi masyarakat yang meminta agar jalan ramai tersebut dikembalikan menjadi dua arah. Sebelumnya masyarakat kerap kesulitan dalam mencari angkutan umum (angkot).

"Jadi, banyak juga masyarakat yang menghendaki jalan ini dibuat dua arah dan banyak juga yang ingin tetap satu arah. Tujuan pengkajian ini dalam rangka menampung aspirasi masyarakat yang pro dan kontra," katanya.

Baca Juga: Jalan-jalan Malam, Ganjar Temui Pelukis di Jalan Braga Bandung

Baca Juga: Sering Dikeluhkan Warga, Rekayasa Jalan Sukajadi Masih Tunggu Kajian

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya