TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bulog Jabar Siapkan 43 Ribu Ton Beras untuk Bantuan Pangan Desember

Laporkan jika ada beras tak laik konsumsi

Ilustrasi beras (vecteezy.com/chormail153750)

Bandung, IDN Times - Perum Bulog Jawa Barat menyiapkan sebanyak 43 ribu ton beras untuk program bantuan pangan pemerintah yang akan disalurkan pada Desember 2023. Pembagian pangan tahap dua sebelumnya telah diberikan pada September, Oktober, dan November.

“Sesuai arahan dari Presiden, Bulog Jabar siap menyalurkan kembali program bantuan pangan ini untuk alokasi bulan Desember,” kata Pimpinan Perum Bulog Jabar, M. Attar Rizal, Senin (4/12/2023).

1. Setiap keluarga yang berhak dapat menerima 10 kilogram beras

Attar menyebut, jumlah beras yang disiapkan Bulog Jabar akan disesuaikan dengan data keluarga penerima manfaat (KPM) sebanyak 4,3 juta masyarakat yang akan disalurkan kepada seluruh 27 kabupaten/kota.

Ia menjelaskan untuk jenis beras yang disalurkan pada program bantuan pangan ini adalah beras medium yang akan dibagikan 10 kilogram beras untuk keluarga penerima manfaat.

"Bantuan pangan di bulan Desember ini diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat penerima bantuan pangan, serta dapat menstabilkan harga beras menjelang hari Natal dan Tahun Baru nanti," katanya.

2. Laporkan jika ada beras tak laik konsumsi

Sebelum disalurkan kepada KPM, beras bantuan pangan tersebut telah melewati proses pengecekan kualitas yang ketat oleh PT Pos Indonesia Regional Tiga untuk membantu kelancaran dan keamanan dalam proses pendistribusian beras.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk melapor jika menemukan atau mendapatkan beras yang tidak laik konsumsi.

“Kami terus jaga komitmen kami, jadi bila ada masyarakat yang menerima beras di bawah kualitas beras medium dan timbangan kurang dari 10 kilogram, agar menghubungi petugas desa atau PT. POS untuk dapat segera menukar beras tersebut,” kata Attar.

3. Kepastian bantuan tahun 2024 tunggu arahan pemerintah pusat

Bantuan sosial (bansos) beras. (dok. Bulog)

Terkait alokasi bantuan pangan tahun depan, Attar mengaku masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait program bantuan beras.

"Bantuan pangan tahun ini hingga Desember. Saat ini kami masih fokus menyalurkan bantuan pangan untuk tahun ini. Untuk tahun depan masih menunggu instruksi dari pemerintah,” kata dia.

Baca Juga: Bulog Percepat Bantuan Beras Imbas Kenaikan Harga Beras di Sumsel

Berita Terkini Lainnya