Persib Pastikan Tak Ada Pemukulan Bobotoh oleh Pemain usai Vs Port FC

Hal itu diketahui berdasarkan hasil investigasi

Bandung, IDN Times - PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) membantah pemainnya melakukan pemukulan terhadap seorang bobotoh usai pertandingan kontra Thailand Port FC di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (19/9/2024).

Bantahan ini dikeluarkan manajemen berdasarkan hasil investigasi internal yang dilakukan selama beberapa hari kemarin. Vice President Operasional PT PBB Andang Ruhiat mengatakan, tidak ada pemukulan terhadap bobotoh atas nama Riko Abdullah Mutakir yang dilakukan oleh pemain.

1. Henhen diklam melindungi Bobotoh

Persib Pastikan Tak Ada Pemukulan Bobotoh oleh Pemain usai Vs Port FCIDN Times/Istimewa

Ia menjelaskan, kejadian ini bermula dari Riko yang mengakui melontarkan kekecewaan kepada pemain dari tribun VIP dengan meneriakan kata-kata makian kepada penggawa.

Head of Communication PT PBB Adhi Pratama kemudian meminta steward untuk menangkap atau mengamankan Riko di tribun VIP. Tindakan itu dilakukan lantaran khawatir umpatan ini bisa memicu kegaduhan.

"Pengakuan Riko Abdullah Mutakhir dicekik dan ditarik secara paksa oleh Henhen Herdiana di tunnel tidak pernah terjadi. Namun Henhen justru merangkul Riko tanpa tindakan pemukulan dan mencoba memberikan rasa aman kepadanya," ujar Andang pada awak media, dikutip Sabtu (28/9/2024).

"Henhen Herdiana juga tidak melontarkan kata-kata kasar kepada Riko Abdullah Mutakir," ujarnya.

2. Tidak ada tendangan pada korban

Persib Pastikan Tak Ada Pemukulan Bobotoh oleh Pemain usai Vs Port FCIDN Times/Istimewa

Selanjutnya, mengenai dugaan Kakang Rudianto yang mulanya diduga turut melakukan intimidasi, Andang memastikan, berdasarkan hasil investigasi, Kakang memiliki maksud lain mendorong Riko ke locker room, yaitu untuk menyampaikan langsung kekecewaannya kepada seluruh penggawa.

"Riko menyatakan ada tendangan yang dikonfirmasi dokter Rafi Ghani yang mengaku sempat reflek untuk melindungi diri karena mengira Riko yang tiba-tiba membalikan badan seperti akan menyerangnya," katanya.

3. Penarikan baju juga tidak ada

Persib Pastikan Tak Ada Pemukulan Bobotoh oleh Pemain usai Vs Port FCokebola

Setelah di bawa steward ke luar locker room, Riko mengaku digadang dan bajunya ditarik hingga robek oleh Adhi Pratama yang disertai dengan hardikan. Andang memastikan hal itu juga tidak terjadi.

"Namun, menurut pengakuan dan kesaksian Adhi Pratama, baju Riko Abdullah Mutakir robek karena adanya tarikan yang terjadi di depan pintu locker room dan tidak ada tindakan hardikan kepada Riko Abdullah Mutakir," kata dia.

Untuk diketahui, kasus ini berawal dari pengakuan seorang bobotoh yang merasa diintimidasi oleh ofisial hingga pemain Persib Bandung, sesuai pertandingan Persib melawan Port FC, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung, kemarin.

Dugaan intimidasi itu dibagikan oleh akun X @praiseispoison. Dalam unggahannya, akun tersebut membagikan tangkapan layar berisi percakapan dengan diduga korban. Selain itu, terdapat juga video detik-detik korban dibawa oleh steward dari Tribun Barat Stadion Si Jalak Harupat, menuju lorong area bawah tribun penonton.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan akun @praiseispoison, korban menceritakan bagaimana peristiwa yang dialaminya.

"Jadi awalna mah, Enya di barat teh pada minta jersey ke pemain ai urang mah nya emosional lah, urang lari lah ke arah pemain urang spontan ngomong kasar terus ngaleos pas ngaleos teh urang di tutur keun steward da cenah mah di titah di tewak. (Jadi awalnya di bagian Barat stadion pada minta jersey ke pemain. Kalau saya memang emosional dan lari ke arah pemain spontan bilang kasar terus pergi. Nah dari situ diikuti oleh steward dan diminta untuk ditangkap)," kata penonton tersebut dikutip dalam unggahan akun tersebut oleh IDN Times, Kamis (20/9/2024).

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Jelang Madura United vs Persib

Baca Juga: Suporter Persib Rusuh, PT LIB Singgung Sanksi Pengurangan Poin

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya