TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dikdik-Bagja Tebar Janji untuk Disabilitas di Pilkada Cimahi

3 pasangan calon sudah mendapat nomor urut

Pasangan Calon Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi Dikdik-Bagja Mendapat Nomor Urut 1. (Rizki/IDN Times)

Cimahi, IDN Times - Pasangan Calon Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi Suratno Nugrahawan-Bagja Setiawan mendapatkan nomor urut 1 berdasarkan hasil pengundian dan penetapan yang digelar Komisi Pemilih Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi pada Senin (23/9/2024) malam.

Usai pengundian, pasangan Dikdik-Bagja yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Golkar, Partai NasDem dan Partai Demokrat itu memberikan tanggapan. Dikdik yang merupakan eks Sekda Kota Cimahi itu mengatakan jika analogi angka satu adalah yang terbaik.

"Alhamdulillah sesuai hasil pengundian kami mendapatkan nomor urut 1. Yang harus kita lakukan tentu saja memerlukan kebersatuan. Sehingga, sekecil apapun potensi yang dimiliki, ketika mampu disatupadukan, maka akan menjadi kekuatan pada Kota Cimahi," kata Dikdik.

1. Dikdik sebut disabilitas kurang perhatian

ilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Dikdik berharap ke depan Cimahi menjadi sebuah kota yang bisa memberikan yang terbaik bagi semua warga "Insya Allah, saya dengan Pak Bagja akan bersatu untuk membangun Cimahi lebih baik. Mari kita bersatu untuk membangun Cimahi lebih baik," ujar dia.

Salah satu yang akan menjadi perhatian Dikdik-Bagja jika terpilih menjadi Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi di Pilkada 2024 adalah para penyandang disabilitas. Sebab menurutnya, kaum disabilitas masih kurang begitu mendapat perhatian. Padahal, kaum disabilitas juga bagian dari masyarakat dan rakyat Indonesia serta mempunyai hak yang sama.

"Ketika kita berharap Kota Cimahi bisa pada tingkatan lebih baik, ada warga disabilitas diantara kita. Inilah yang harus kita pikirkan. Aplikasi keberpihakan pada warga disabilitas diantaranya pada kesetaraan layanan pendidikan, kesehatan, perekonomian, dan layanan lain," ujar Dikdik.

2. Janji beri perhatian lebih

Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurutnya, warga disabilitas juga perlu diberi kesempatan terlibat secara aktif untuk membangun Kota Cimahi. Salah satunya dalam perumusan baik perencanaan maupun pelaksanaan pembangunan, sebagai bagian dari menunjukkan potensi mereka.


"Kita berbicara tentang keadilan dari sebuah proses pembangunan, pemerintah harus bisa memberikan pengakuan terhadap kaum disabilitas ini," ucap dia.

Menurut Dikdik, disabilitas adalah orang-orang terpilih. Di tengah keterbatasan, mereka bisa mendatangkan keberkahan.
"Dengan keterbatasannya itu, bisa jadi mereka malah yang akan membawa Kota Cimahi mencapai kebarokahan. Sehingga, kaum disabilitas ini harus diberikan kesempatan seluas-luasnya," pungkasnya.

3. Nomor urut lengkap pasangan calon Pilkada Cimahi

Sebelumnya, KPU Kota Cimahi melakukan pengundian dan penetapan nomor urut pasangan Calon Wali dan Wakil Wali Kota Cimahi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Gedung Singosari, Melong, Kota Cimahi pada Senin (23/9/2024) malam.

Hasilnya, nomor urut 1 didapat pasangan Dikdik Suratno Nugrahawan-Bagja Setiawan yang diusung PKS, Partai Golkar, Partai Demokrat dan Partai NasDem. Nomor urut 2 didapat pasangan Ngatiyana-Adhitia Yudisthira yang diusung Partai Gerindra, PKB, PAN, PPP, PSI, PKN dan Partai Perindo.

Kemudian nomor urut 3 didapat pasangan Billa Insan Muhammad Priatna-A Mulyana yang diisung PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Ummat dan Partai Prima.

Verified

Rizki

Sehat, soleh, rezeki nomplok

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya