Dapat Nomor Urut 4, Demul-Erwan: Simbol Kekuatan Sunda

Ada makna mendalam dibalik nomor 4

Bandung, IDN Times - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan mendapatkan nomor urut 4 untuk Pilgub Jabar 2024. Nomor ini dimaknai sebagai simbol kekuatan Sunda.

"Yang pertama kan saya ditugaskan untuk memperjuangkan 4 kekuatan kebudayaan di Jawa Barat untuk mencapai target paripurna jempol istimewa," ujar Dedi Mulyadi usai pengundian nomor urut di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (23/9/2024) malam.

Pasangan yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini, memastikan nomor urut 4 sangat berarti dan penting lantaran ada makna mendalam di dalamnya.

"Nomor empat itu menurut nilai Orang Sunda itu memiliki prinsip dasar tentang pemahaman alam lingkungannya, terkenal dengan papat kalimat tunggal. Jadi manusia bersih nyawa dengan tanah, air, udara, matahari," katanya.

"Kita punya empat karakter kebudayaan Sunda Kulon, Sunda Priangan, Sunda Pantura (Cirebon, Majalengka Kemudian Kerawang, Subang sebagian), Kemudian juga Sunda Betawi saya menyebutnya," jelasnya.

Dengan semua karakter tersebut, pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan mengemas dalam satu tagline yaitu Jabar Istimewa.

"Empat karakter inilah yang akan membangun, mewujudkan masyarakat Jawa Barat Istimewa. Ini tangan, ketika ini (empat jari dilipat) ini dilipat maka jempol. Ketika jempol dilipat, maka empat," ucapnya.

Baca Juga: Dapat Nomor Urut 1 di Pilgub Jabar, Acep-Gita KDI Yakin Menang

Baca Juga: Dapat Nomor 1 di Pilgub Jabar, Acep-Gita Perkuat Suara di Pesantren

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya