TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sesar Baru Picu Gempa Kabupaten Bandung Sudah Teridentifikasi

Hasilnya menunggu analisa tim di lapangan

IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memastikan telah mengidentifikasi jenis sesar baru yang mengakibatkan gempa bumi tektonik beruntun dengan magnitudo terbesar 5.0 di perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut, Rabu (18/9/2024) pukul 09:41 WIB.

Diketahui, BMKG menyatakan gempa bumi di perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut ini disebabkan oleh aktivitas Sesar Garut Selatan (Garsela).

"Sudah teridentifikasi (sesar apa), masih proses analisis dari data yang masuk," ucap Kepala PVMBG Hadi Wijaya saat dikonfirmasi, Kamis (19/9/2024).

1. Tim masih mengumpulkan data di lapangan

Meski sudah teridentifikasi, Hadi mengatakan, tim Badan Geologi masih berada di lapangan lokasi gempa bumi untuk melakukan pengambilan data dan analisis penyebab gempa tersebut.

"Saat ini tim Badan Geologi masih di lapangan, masih dalam proses pengambilan data dan analisis," ucapnya.

2. BNPB pastikan peristiwa ini disebabkan sesar baru

Sementara Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto mengatakan, gempa bumi tektonik yang terjadi secara beruntun di perbatasan Kabupaten Bandung dan Garut diduga dari sesar yang baru, bukan dipicu oleh Sesar Garsela.

"Berdasarkan analisa para ilmuwan, ini sesarnya baru terjadi. Tidak mengherankan karena di Jawa Barat ini tiga kali gempa ini sesarnya adalah sesar yang belum terpetakan sebelumnya," katanya.

"Jadi gempa Cianjur itu juga menemukan sesar baru, gempa Semedang juga sesar baru, dan ini juga ternyata sesar baru," kata dia.

Berita Terkini Lainnya