TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemprov Jabar Dapat Bantuan Inpres Jalan Daerah Rp1,2 Triliun 

Uang bantuan ini akan dipakai perbaiki jalan tambang Bogor

Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa mendapatkan bantuan perbaikan jalan sebesar Rp1, 2 triliun. bantuan ini bersumber dari Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah Kementerian PUPR.

Bantuan perbaikan jalan di Jawa Barat ini berawal dari tawaran Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin pun langsung manerima dan langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar.

"Banyak (ruasnya) jumlahnya sampai Rp1,2 triliun kalau nggak salah," katanya di DPRD Jabar, Bandung, Selasa (30/4/2024).

1. Pemprov Jabar ajukan 6-7 ruas jalan

Menurutnya ada 6-7 ruas jalan yang anggarannya akan dibiayai oleh Inpres Jalan Daerah. Bey mengungkapkan, salah satunya yakni perbaikan jalan provinsi di Parung Panjang, Kabupaten Bogor yang rusak digerus angkutan tambang.

"Ada 6-7 ruas yang kita ajukan. Itu (ruasnya) panjang-panjang, detilnya ke Pak Bambang (Kadis BMPR Jabar), ada Parung Panjang, termasuk jembatannya Pak Bupati Bandung, di Dayeuhkolot," katanya.

2. Anggaran ini di luar BIUTR

Komitmen anggaran di atas Rp1 triliun lebih ini dipastikan akan mengucur untuk Jawa Barat pada tahun 2024 ini. Bey menambahkan, anggaran itu bukan bagian dari BIUTR. Adapun untuk proyek tersebut nantinya akan mendapatkan anggaran berbeda.

"Anggaran itu di luar Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) dan groundbreaking Tol Getaci," katanya.

Berita Terkini Lainnya