TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ketua DPD Golkar Jabar: Airlangga Mundur Tanpa Ada Tekanan

Airlangga mundur karena ingin fokus jadi Menkoperekonomian

Ketua Umum Airlangga Hartarto Menggundurkan Diri dari Jabatannya. (Istimewa)

Bandung, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily menepis isu soal mundurnya Airlangga Hartarto dari jabatan ketua umum karena adanya tekanan dari pihak luar.

Ace memastikan, Airlangga mengundurkan diri karena ingin fokus dalam bertugas sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI. Dengan begitu keputusan ini menurut dia bukan merupakan hasil dari tekanan pihak lain.

"Tidak ada paksaan apapun terhadap Pak Airlangga untuk mengundurkan diri sebagai Ketua Umum. Semata-mata beliau ingin fokus menjalankan tugas sebagai Menkoperekonomian," ujar Ace saat dikonfirmasi melalui telfon, Senin (12/8/2024).

1. Airlangga masih menjadi ketua umum

Meski begitu, Ace menjelaskan, Airlangga Hartarto kini masih berstatus ketua umum Partai Golkar, karena status pengunduran ini masih bersifat de facto. Dengan begitu, beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan sebelumnya, dipastika masih tetap sama.

"Soal kepemimpinan tentu sekarang kan secara de jure Pak Airlangga masih menjadi Ketua Umum walaupun secara de facto beliau telah mengundurkan diri," katanya.

2. Golkar akan menggelar rapat pleno besok

Lebih lanjut, Ace menuturkan, Partai Golkar akan melangsungkan pembahasan lebih lanjut bersama dengan anggota partai untuk menentukan siapa ketua sementara yang akan ditunjuk menggantikan Airlangga Hartarto.

"Kepemimpinan ini besok akan dibahas dalam rapat pleno DPP Partai Golkar untuk mrnentukan siapa Plt Ketua Umum," ucapnya.

Berita Terkini Lainnya