Comscore Tracker

Terancam Stroke, Dedi Mulyadi Dioperasi Terawan di RSPAD

Dedi Mulyadi menjalani Digital Subtraction Angiography

Subang, IDN Times - Foto dan video anggota DPR RI Dedi Mulyadi yang terbaring di rumah sakit beredar di media sosial. Mantan Bupati Purwakarta itu dikabarkan menjalani operasi akibat penyempitan pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke.

Dedi Mulyadi mengonfirmasi keadaan kesehatannya saat ini sudah membaik setelah menjalani operasi dan perawatan di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD). Tindakan operasi tersebut dilakukan langsung oleh mantan Menteri Kesehatan dr. Terawan Agus Putranto.

"Namanya DSA (Digital Subtraction Angiography) untuk melancarkan aliran pembuluh darah. Hanya ada di RSPAD yang dipimpin dr. Terawan, jadi tidak ada di tempat lain,” tutur Dedi Mulyadi dalam keterangan persnya, Kamis (27/1/2022).

1. Merasa sehat meskipun terjadi penyempitan pembuluh darah

Terancam Stroke, Dedi Mulyadi Dioperasi Terawan di RSPADshare.upmc.com

Kondisi kesehatannya itu diakui tidak bermasalah atau sehat-sehat saja. Alasannya melakukan operasi tersebut ialah untuk mencegah penyakit yang serius di masa mendatang akibat penyempitan pembuluh darah, seperti stroke.

“Tidak ada apa-apa, hanya ada sesuatu yang harus segera dibenahi supaya lebih sehat lagi," kata Dedi. Ia memilih dioperasi karena enggan mengonsumsi obat-obatan kimiawi untuk melancarkan pembuluh darahnya yang mulai tersumbat itu.

2. Pengalaman pertama dioperasi dan dibius total

Terancam Stroke, Dedi Mulyadi Dioperasi Terawan di RSPADcleveland clinic

Operasi tersebut diakui menjadi pengalaman pertamanya, sekaligus yang pertama kali dibius total. Menurut dokter, syaratnya, Dedi Mulyadi memiliki sumbatan pembuluh darah menuju otak sehingga aliran oksigen tidak lancar.

Dedi menjelaskan prosedur yang dilakukan dokter ialah memasukkan alat khusus di paha kanan melalui urat besar menuju ke kepala. Alat tersebut kemudian membersihkan aliran darah yang membawa oksigen agar kembali lancar seperti sedia kala.

“Aliran oksigen yang tersumbat ke kepala, dalam jangka panjang akan menjadi ancaman stroke. Ini upaya pencegahan setelah saya diperiksa dokter syaraf. Saya sehat, hanya ini sebagai bentuk pencegahan secara dini terhadap ancaman penyakit,” tutur Dedi.

3. Berkeliling melayani masyarakat butuh stamina prima

Terancam Stroke, Dedi Mulyadi Dioperasi Terawan di RSPADIDN Times/Istimewa

Kesehatan diakui menjadi modal terpenting bagi Dedi Mulyadi karena stamina tubuh yang prima dibutuhkan saat berkeliling melayani masyarakat. Setelah menjalani serangkaian tindakan medis, Dedi merasa penglihatannya semakin terang, tubuhnya lebih nyaman dan terasa bugar.

Namun, Dedi menyarankan masyarakat untuk mencegah dari pada mengobati penyakit. “Jaga pola makan, jaga pola tidur, menghindari stres. Hidup itu yang mahal kesehatan. Buat apa banyak uang kalau sakit dan enggak bisa makan enak,” ujarnya.

4. Tindakan medis jadi investasi kesehatan Dedi Mulyadi

Terancam Stroke, Dedi Mulyadi Dioperasi Terawan di RSPADMantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Setelah dioperasi, dr Terawan menyarankan Dedi Mulyadi untuk beristirahat selama beberapa jam. Bahkan kaki kanannya pun dilarang untuk ditekuk selama masa istirahat tersebut.

Lebih lanjut, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada dr. Terawan yang telah membantunya untuk menjaga kesehatan. “Terima kasih Pak Terawan yang telah membantu saya berinvestasi pada kesehatan,” ujar Dedi Mulyadi.

Baca Juga: Kata Dedi Mulyadi, Arteria Dahlan Punya Nasionalisme Jakarta-sentris

Baca Juga: Kenal Dekat, Dedi Mulyadi Nasehati Baim Wong agar Lebih Menahan Diri

Baca Juga: Unhan Beri Gelar Profesor Kehormatan untuk Terawan, Prabowo-SBY Hadir

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya