Pupuk Kujang Tambah Armada dan Rute Mudik Gratis Lebaran Ini

Pendaftaran dibuka secara daring hingga 16 April 2023

Karawang, IDN Times - PT Pupuk Kujang kembali menggelar program layanan mudik gratis bagi masyarakat umum di Kabupaten Karawang. Khususnya, warga Kecamatan Cikampek dan sekitarnya. Kali ini, daerah tujuan mudik dan kuota penumpangnya bahkan ditambah dari tahun sebelumnya.

Pelaksanaan mudik gratis diungkapkan AVP Administrasi Pelaporan dan Keuangan, Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pupuk Kujang (TJSL), Arief  Riyadhi. “Tahun ini, kami menyiapkan sebanyak 200 kursi,” katanya dalam keterangan pers, Rabu (12/4/2023).

Menurutnya, program tersebut sesuai arahan dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Tujuannya diakui untuk membantu masyarakat menjalani mudik yang aman dan nyaman serta membantu pemerintah mengurangi beban jalan atau kemacetan lalu lintas.

1. Program mudik gratis bisa mengurangi beban jalan

Pupuk Kujang Tambah Armada dan Rute Mudik Gratis Lebaran IniIlustrasi. Petugas kepolisian berjaga memantau arus mudik lebaran. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Menurut perhitungan Kementerian Perhubungan, kegiatan mudik gratis dapat mengurangi beban jalan sebanyak 3-4 persen. Karena itu, pemerintah mengharapkan berbagai instansi pemerintah maupun swasta menggulirkan program tersebut pada arus mudik tahun ini.

“Program mudik ini merupakan upaya perusahaan untuk berkontribusi dalam mengurangi beban jalan pada musim mudik, karena  berdasarkan data Kemenhub, pemudik tahun ini diprediksi mengalami peningkatan drastis dari lebaran sebelumnya,” tutur Arief.

2. Pupuk Kujang menambah kapasitas armada mudik gratis

Pupuk Kujang Tambah Armada dan Rute Mudik Gratis Lebaran IniArmada bus yang berangkat dalam program Mudik Aman Mudik Sehat di Stadion GBK, Jakarta, Rabu (27/4). (Dok. Marwan Fitranansya)

Karena itu, Arief mengakui perusahaannya sengaja meningkatkan jumlah armada mudik gratis tahun ini. Mereka berencana mengerahkan empat unit bus berkapasitas besar untuk mengantarkan para pemudik ke arah Timur Jawa Barat.

Arief menjelaskan, rute perjalanan mudik gratis kali ini tak hanya menuju Priangan Timur seperti tahun-tahun sebelumnya. “Pupuk Kujang juga menyediakan rute ke wilayah Pantura Jawa Barat,” katanya menambahkan.

3. Rute yang akan dilalui dalam mudik gratis tahun ini

Pupuk Kujang Tambah Armada dan Rute Mudik Gratis Lebaran IniJalur Lintas Pantai Selatan (Pansela). (dok. Kemenhub)

Keempat bus yang disediakan rencananya akan melewati jalur yang berbeda satu sama lain. Adapun, lokasi pemberangkatan bus-bus tersebut dimulai dari Pabrik Pupuk Kujang Kecamatan Cikampek Kabupaten Karawang.

Rute pertama dari Cikampek-Subang-Indramayu-Cirebon-Kuningan, kemudian rute kedua dari Cikampek-Cileunyi-Tanjungsari-Sumedang-Kadipaten-Majalengka. Dilanjutkan dengan rute ketiga yakni Cikampek-Cileunyi-Nagreg-Limbangan-Malangbong-Ciawi-Rajapolah-Ciamis-  Banjar-Pangandaran dan terakhir rute keempat melewati Cikampek-Cileunyi-Nagreg-Kadungora-Leles-Tarogong-Garut Kota-Cilawu-Singaparna-Kota Tasikmalaya.

4. Cara daftar program layanan mudik gratis Pupuk Kujang

Pupuk Kujang Tambah Armada dan Rute Mudik Gratis Lebaran Ini(pexels.com/Ingo Joseph)

Arief mengajak masyarakat yang berminat mengikuti program mudik gratis kali ini untuk segera mendaftar. Pendaftarannya pun dilakukan secara daring untuk memudahkan masyarakat yang tinggal cukup jauh dari kawasan Pabrik Pupuk Kujang.

“Calon peserta tinggal menyiapkan sejumlah data dan mengisinya melalui link Http://bit.ly/mudikbersamakujang. Dalam link itu, pendaftar memasukkan identitas diri beserta NIK,” kata Arief.

Pendaftaran mudik gratis itu rencananya ditutup pada 16 April 2023. Namun, Arief menyarankan masyarakat yang berminat untuk tidak menunda-tunda pendaftaran. Sebab, antusiasme masyarakat mengikuti program tersebut cukup tinggi apabila melihat dari pengalaman penyelenggaraan sebelum-sebelumnya.

Baca Juga: Rest Area Km 81 Tol Cipali Paling Berisiko Dipadati Pemudik

Baca Juga: Atasi Masalah Petani Tebu, Pupuk Kujang Bikin NPK Khusus

Baca Juga: Jelang Arus Mudik, 78 U-Turn di Jalur Arteri Karawang Ditutup

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya