Rest Area Km 81 Tol Cipali Paling Berisiko Dipadati Pemudik

Kapolda Jabar pantau langsung persiapan pengaturan di lokasi

Purwakarta, IDN Times - Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area kilometer 81 Jalan Tol Cikopo-Palimanan berpotensi padat saat arus mudik lebaran Idulfitri 1444/2023. Tak heran, lokasi tersebut mendapatkan perhatian khusus dari kepolisian.

Rest area kilometer 81 Cipali ini akan menjadi titik keramaian kendaraan, karena merupakan rest area pertama dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah,” kata Kepala Polisi Resor Purwakarta Ajun Komisaris Besar Edwar Zulkarnain, Selasa (11/4/2023).

Saat ini, Polres Purwakarta masih melakukan persiapan pengamanan dan pengaturan di lokasi. Seluruh persiapan, mulai dari fasilitas dan sumber daya manusia, dipastikan siap sebelum arus mudik dimulai sekitar sepuluh hari sebelum (H-10) lebaran.

1. Persiapan di rest area dipantau langsung Kapolda Jabar

Rest Area Km 81 Tol Cipali Paling Berisiko Dipadati Pemudikdok Polres Purwakarta

Persiapan yang dilakukan Polres Purwakarta itu bahkan dipantau langsung oleh Kepala Polisi Daerah Jawa Barat, Inspektur Jenderal Akhmad Wiyagus. Rombongan Kapolda Jabar diketahui telah mengunjungi lokasi hari ini.

"Kunjungan Bapak Kapolda Jabar, Irjen Pol Akhmad Wiyagus di rest area Km 81 Tol Cipali ini guna melakukan pengecekan pendirian pos pelayanan, juga melakukan survei alur lokasi parkir hingga lokasi pengisian BBM hingga jumlah toilet umum di rest area," tutur Edwar dalam keterangan persnya, Selasa (11/4/2023).

2. Kapolda menyoroti keterbatasan lahan parkir rest area

Rest Area Km 81 Tol Cipali Paling Berisiko Dipadati PemudikPolisi mengatur arus lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek pada arus balik Idul Adha 1441 Hijriyah pada Ahad (2/8/2020). (FOTO ANTARA/Ali Khumaini/dok)

Dari berbagai fasilitas yang ada di rest area tersebut, Kapolda turut menyoroti keterbatasan lahan parkir dan pengaturannya. Menurutnya, dengan potensi lonjakan volume kendaraan yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan kendaraan di dalam kawasan TIP.

Sehingga, Akhmad berpesan agar petugas membatasi durasi singgah para pemudik di sana.

“Jajaran Polres Purwakarta bersiap-siap mengantisipasinya, sehingga tidak terjadi penumpukan arus mudik di kantung-kantung istirahat seperti rest area,” kata Edwar.

3. Pemudik disarankan berbuka puasa dalam perjalanan

Rest Area Km 81 Tol Cipali Paling Berisiko Dipadati Pemudikilustrasi makan saat perjalanan (pexels.com/Nothing Ahead)

Lebih lanjut, Edwar memperkirakan penumpukan kendaraan di dalam rest area akan terjadi menjelang dan setelah waktu berbuka puasa. Karena itu, ia mengimbau pengguna Jalan Tol Cipali untuk mempersiapkan makanan dari lokasi asal mereka masing-masing.

Dengan demikian, Edwar meyakinkan para pemudik tidak perlu memaksakan berhenti di rest area untuk makan dan beristirahat.

“Jadi, mungkin bisa memilih waktu yang tepat untuk mudik serta berbuka puasa agar terhindar penumpukan di rest area dan tidak mengganggu pengendara lain dengan berhenti di pinggir jalan tol," ujarnya.

4. Kepadatan di Cipali akibat bottleneck dari Tol Japek

Rest Area Km 81 Tol Cipali Paling Berisiko Dipadati PemudikKebijakan one way di Tol Japek resmi ditutup Jumat (29/4/2022) pagi. (dok. IDN Times/Istimewa)

Penumpukan volume kendaraan itu diperkirakan makin parah dibandingkan arus mudik tahun lalu. Hal itu diungkapkan Kepala Sub. Direktorat Manajemen Operasional dan Rekayasa Direktorat Keamanan Keselamatan Korps Lalu Lintas Polri, Komisaris Besar Indra Jafar dalam wawancara sebelumnya.

“Sekarang di Tol Jakarta-Cikampek ada pelebaran lajur sedangkan di Tol Cipali jalannya menyempit jadi akan terjadi bottleneck (penyempitan jalur seperti leher botol),” ujarnya.

Karena itu, diperlukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di Jalan Tol Cipali untuk menghindari penumpukan volume kendaraan tersebut.

Baca Juga: Harus Beres H-10 Lebaran, Pelebaran Jalan Tol Cipali Baru 40 Persen

Baca Juga: Lajur Tambahan di Tol Japek Mulai Dibuka Jelang Arus Mudik

Baca Juga: Dampak Bottleneck di Tol Japek-Cipali, Polri Siapkan Oneway saat Mudik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya