Menpora Dito Ariotedjo Harap Jambore KORMI Majukan Purwakarta

Jambore KORMI Kedua dibuka Menpora dan Gubernur Jawa Barat

Purwakarta, IDN Times - Menteri Pemuda Dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo membuka Jambore Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kedua di Purwakarta Jumat, (16/6/2023). Kegiatan tersebut diharapkan dapat mengembangkan prestasi hingga perekonomian.

"Kegiatan Jambore KORMI Purwakarta ini pasti mendorong gerak ekonomi masyarakat. Sekali lagi saya ucapkan selamat untuk Purwakarta. Saya berpesan kegiatan ini saya harap dilakukan setiap tahun," kata Dito dalam pidato sambutannya.

Menurutnya, kegiatan olahraga juga bisa mendorong peningkatan ekonomi masyarakat di daerah. Terutama, untuk ekonomi sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) selain sektor industri besar yang ada.

Upacara pembukaan jambore yang dipusatkan di Stadion Olahraga Purnawarman dihadiri ribuan orang. Selain perwakilan dari berbagai cabang olah raga, hadir pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana dan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika selaku tuan rumah Jambore KORMI.

1. Kegiatan olahraga diikuti penyediaan fasilitas olahraga

Menpora Dito Ariotedjo Harap Jambore KORMI Majukan PurwakartaDok Diskominfo Purwakarta

Dalam sambutannya, Menpora mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang rutin menggelar event olahraga setiap tahun. Tak hanya olahraga prestasi, tapi juga olahraga masyarakat hingga kejuaraan internasional seperti Triathlon yang digelar Januari 2023 lalu.

"Kami juga mengapresiasi upaya pembenahan pembinaan atlet berprestasi melalui renovasi berbagai venue dan gedung olahraga termasuk sport center Purwakarta," kata Menpora Dito meyakini berbagai langkah itu akan mendorong peningkatan prestasi Purwakarta.

2. Jambore sebagai rangkaian Hari Jadi Purwakarta

Menpora Dito Ariotedjo Harap Jambore KORMI Majukan PurwakartaDok Diskominfo Purwakarta

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengaku terhormat mendapatkan apresiasi dari Menpora pada kesempatan itu. Menurutnya, Jambore KORMI memang merupakan kalender tahunan dalam rangkaian Hari Jadi Kabupaten dan Kota Purwakarta.

Anne berharap dapat membangkitkan kembali olahraga masyarakat melalui kegiatan kali ini. "Agar masyarakat Purwakarta lebih sehat dan kuat, dan menghasilkan insan-insan olahraga yang menjadi unggulan. Sehingga, olahraga itu menjadi kebutuhan dan gaya hidup khususnya dikalangan generasi muda," katanya.

3. Pembinaan atlet di Jawa Barat dapat penghargaan

Menpora Dito Ariotedjo Harap Jambore KORMI Majukan PurwakartaRidwan Kamil memberi semangat kontingen Jabar di PON 2021 (bappeda.jabarprov.go.id)

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, pada 2022 lalu, Jawa Barat mendapatkan penghargaan dari Menpora. Penghargaan itu diakui diberikan untuk daerah dengan pembinaan atlet terbaik di Indonesia.

Ridwan mengklaim penghargaan itu sebagai bukti keberhasilan pembinaan karena atlet-atlet Jabar yang berprestasi. "Tahun 2016 Jawa Barat juara PON yang di Jawa Barat sebagai tuan rumah, tahun 2020 kita juga menjadi juara di Papua," ujarnya.

Baca Juga: Hadapi El Nino, Purwakarta Siapkan Embung hingga Padi Gogo

Baca Juga: Vaksinasi LSD Targetkan 5.500 Sapi dan Kerbau di Purwakarta

Baca Juga: Lowongan Kerja di Purwakarta Tak Cukup Tampung Pengangguran

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya