Comscore Tracker

KAI-Pelindo III Kolaborasi Optimalisasi Aset dan Inovasi Proses Bisnis

Kerja sama ini untuk memaksimalkan 3 pelabuhan

Bandung, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia III (Pelindo III) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Jalin kerja sama melalui Panandatanganan Nota Kesepahaman Kerja sama Pemanfaatan Fasilitas, Optimalisasi Bisnis dan Aset, Serta Logistic Supply Chain di Gedung Sinergi Louge, Lantai 3 Kementerian BUMN Jalan Merdeka Selatan No.13 Jakarta, Jumat (20/11/2020).

Kerja sama dua badan usaha milik negara (BUMN) ini nantinya akan memanfaatkan aset bersama di tiga pelabuhan yakni Tanjung Intan di Cilacap, Tanjung Mas di Semarang dan Tanjung Perak di Surabaya.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) KAI Didiek Hartantyo dan Dirut Pelindo III Saefudin Noer. Dalam kerja sama ini juga disaksikan Staf Ahli Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Kementerian Perhubungan Cris Kuntadi dan Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Desty Arlaini.

1. Mengimplementasikan core value BUMN

KAI-Pelindo III Kolaborasi Optimalisasi Aset dan Inovasi Proses BisnisANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Presiden Direktur Pelindo III U Saefuddin Noer mengungkapkan, MOU ini selaras dengan lima prioritas utama Kementerian BUMN, antara lain inovasi proses bisnis dengan optimalisasi keunggulan teknologi .

Saefudin menyebutkan, MOU ini merupakan implementasi dari Core Values BUMN yang diangkat Menteri BUMN Erick Thohir yaitu AKHLAK. “Kolaborasi ini merupakan bukti pelaksanaan AKHLAK sebagai Core Values BUMN, yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” ujar U Saefuddin Noer.

“Kolaborasi ini menunjukkan bahwa Core Values AKHLAK BUMN ini merupakan living values, nilai nilai yang dapat hidup dan diterapkan bukan sekedar slogan “ kata dia dalam rilis yang diterima IDN Times, Jumat(20/11/2020).

2. Diharapkan mampu membuka peluang investasi

KAI-Pelindo III Kolaborasi Optimalisasi Aset dan Inovasi Proses BisnisIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Saefudin menyatakan, dengan adanya nota kesepahaman ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan guna membuka peluang investasi seluas-luasnya sehingga nantinya akan meningkatkan perekonomian nasional sebagai bentuk loyalitas kepada negara.

“Melalui Nota Kesepahaman ini, kami sangat berharap dapat melakukan inovasi pada proses bisnis logistic supply chain yang berdampak pada penurunan biaya logistik, serta terkait revitalisasi aset dan jalur kereta di TPS (Terminal Petikemas Surabaya), TPKS (Terminal Peti Kemas Semarang) dan Tanjung Intan Cilacap,” ungkapnya.

Lebih jauh menurut nahkoda Pelindo III ini, dengan adanya simplifikasi ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi daerah maupun pusat. Selain itu, di tengah pandemi ini dapat mengurangi biaya pada jalur produksi serta distribusi dan memberikan kemudahan aliran produk dari perusahaan kepada konsumen.

3. Meningkatkan komitmen untuk melaksanakan sinergitas

KAI-Pelindo III Kolaborasi Optimalisasi Aset dan Inovasi Proses Bisnis

Sementara Dirut PT Kereta Api Indonesia, Didik Hartantyo berharap dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini sebagai komitmen dan landasan bagi para pihak untuk melaksanakan sinergitas dalam pengembangan bisnis logistik dengan kerjasama pemanfaatan fasilitas, asset, serta supply chain dalam rangka peningkatan produktifitas dan probalitas masing-masing perusahaan dan mendukung program nasional dalam pengurangan biaya logistik Nasional.

“Kerja sama ini pada khususnya akan dilakukan di lokasi-lokasi PT Pelindo III di antaranya Pelabuhan Tanjung Emas, Pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Tanjung Intan, dan lokasi-lokasi lain yang sudah memiliki atau dekat dengan akses kerata api,” kata Didik Hartantyo.

Dia menjelaskan, langkah ini akan memberikan kemudahan bagi pemilik barang atau pelaku logistik yang akan mengirimkan barang dari dan menuju Pelabuhan melalui angkutan kereta api.

“Nota Kesepahaman ini hendaknya dapat segera ditindaklanjuti oleh para pihak dengan berpegang pada Good Corparate Governance yang selanjutnya dapat memberikan nilai tambah bagi masing-masing perusahaan dan tentunya memberikan manfaat kepada masyarakat umumnya khususnya pengguna layanan logistik kereta api dan pelabuhan ,” pungkas Didik Hartantyo.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya