Comscore Tracker

Traveling Nyaman saat AKB ala Unpad Tourisme Day

Rayakan hari pariwisata dunia melalui Unpad Tourism Festival

Bandung, IDN Times - Pandemik COVID-19 memang berdampak terhadap seluruh sektor termasuk pariwisata. Namun, di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ada sejumlah tips yang bisa dilakukan para traveller untuk tetap nyaman dan aman ketika berwisata.

Dalam memperingati Hari Pariwisata Dunia yang jatuh pada 27 September, lalu, Magister Pariwisata Berkelanjutan Universitas Padjadjaran menggelar Unpad Tourism Festival.

Ketua Jurusan Magister Pariwisata Berkelanjutan UNPAD, Evi Novianti mengatakan, acara ini sebagai bentuk partisipasi dan kesungguhan menggeluti dunia pariwisata. Karena itu, sejak tahun lalu, Evi Novianti bersama mahasiswa menggagas acara yang mengedukasi masyarakat terkait dunia kepariwisataan sekaligus mengenalkan Program Magister Pariwisata Berkelanjutan.

"Kegiatan yang dinamai 'Unpad Tourism Day' dihelat sejak 2019. Respons positif terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut menjadi alasan diselenggarakannya 'Unpad Tourism Day' kedua pada tahun ini," kata Evi dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa(29/9/2020).

1. Bangkit bersama dalam menghadapi pandemik COVID-19

Traveling Nyaman saat AKB ala Unpad Tourisme DayKawasan wisata The Great Asia Afrika di Bandung, Jawa Barat. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Unpad Tourism Festival 2.0 juga ikut berpartisipasi memeriahkan Hari Pariwisata Dunia sesuai dengan arahan World Tourism Organization (UNWTO).

Mengusung tema "Preparing for Traveling", Unpad Tourism Festival mengundang sejumlah tokoh penting seperti Ketua Komisi X DPR RI, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, MASATA, ASITA, PHRI, dan lain-lain.

"Kami juga turut mewadahi dan menjembatani para stakeholder pariwisata. Serta bahu membahu dalam menghadapi permasalahan yang ada, berbagi informasi, menghimpun keluh kesah stakeholder pariwisata, dan mengadvokasi pihak terkait baik pemerintah, dan lainnya," kata Evi.

2. Berbagi info dan tips bersama travel influencer

Traveling Nyaman saat AKB ala Unpad Tourisme DayIDN Times/Istimewa

Evi mengungkapkan, kegiatan puncak 'Unpad Tourism Day' pada 27 September 2020 lalu ini diisi dengan acara talkshow dengan tujuan memberi info-info tentang pentingnya persiapan traveling di masa AKB. Konsep acara daring yang berbentuk Webinar ini juga memberikan tips edit foto perjalanan serta bagaimana traveling di era pandemi.

"Kami mengundang Thamy Karamina, pramugari salah satu maskapai bintang 5 Indonesia, serta Travel Influencer Ramelia Vitra yang membagikan cara edit foto perjalanan," jelasnya.

3. Acara dinilai sukses dengan antusias 300 peserta dari berbagai daerah

Traveling Nyaman saat AKB ala Unpad Tourisme DayIDN Times/istimewa

Acara ini sukses diikuti oleh lebih dari 300 peserta se-Indonesia. Beberapa peserta terpilih pun mendapatkan hadiah berupa sepeda lipat dari Sukalarang Farm, Voucher Hotel Jayakarta dan Villa Arborhea, serta 20 paket masker Giok Scarf.

"Harapan kami semoga Unpad Tourism Festival tahun depan akan lebih menginspirasi dan bisa digelar meriah setelah pandemi berakhir," pungkasnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya