Tak Diizinkan Main di Bandug, Persib Bakal Lawan Persija di Bali

Polisi dikabarkan tak akan menerbitkan izin di Bandung

Bandung, IDN Times - Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar membuka kemungkinan untuk bertanding melawan Persija Jakarta dalam rangkaian Shopee Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali. Sejatinya pertandingan itu akan digelar pekan depan, Senin (28/10).

Apa alasan dari pemindahan lokasi pertandingan tersebut?

1. Kepolisian tidak memberi izin

Tak Diizinkan Main di Bandug, Persib Bakal Lawan Persija di BaliIDN Times/Debbie Sutrisno

Sebenarnya, Umuh sendiri berharap Maung Bandung berlaga di rumahnya. Namun, hingga saat ini kepolisian belum memberikan izin keramaian sehingga Umuh pesimistis bisa berlaga di Bandung.

Menurut Umuh, kepolisian tidak akan memberi izin karena hari pertandingan bertepatan dengan pemilihan serentak kepala desa. "Hampir 100 lebih Kepala Desa pemilihan serentak tanggal 28 Oktober 2019, jadi gak mungkin ya, semua (polisi) mungkin harus fokus pengamanan di Kabupaten Bandung itu," kata Umuh kepada wartawan di Lapangan PTIK, Jakarta, seperti dilansir Antara, Rabu (22/10).

2. Mengusahakan izin di Bali

Tak Diizinkan Main di Bandug, Persib Bakal Lawan Persija di Balipersib.co.id

Maka itu, kata Umuh, ketimbang menunggu izin kepolisian, lebih baik manajemen Persib mencari solusi atas kendala itu. Salah satu solusi yang muncul adalah dipilihnya Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, sebagai kandang Persib. Stadion tersebut sejauh ini merupakan kandang dari Bali United.

"Nanti kita lagi diajukan di mana diizinkannya, kemungkinan (laga digelar) di Bali," kata Umuh di Stadion PTIK, Jakarta, Rabu (23/10) usai laga Persib menghadapi Bhayangkara FC.

3. Imbauan larangan bagi pendukung Persija

Tak Diizinkan Main di Bandug, Persib Bakal Lawan Persija di BaliIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam pertandingan itu juga, lanjut Umuh, manajemen Persib akan mengusahakan larangan datang ke stadion bagi para pendukung Persija. Alasannya tak lain untuk menghindari kerusuhan yang kerap terjadi antara supporter Persib dan Persija

"Supporter lawab tidak boleh (menonton), (sudah) ada perjanjian tentang tidak boleh ada supporter lawan," kata dia.

4. Stadion Bali dianggap layak

Tak Diizinkan Main di Bandug, Persib Bakal Lawan Persija di Balipersib.co.id

Bukan tanpa alasan manajemen Persib menunjuk Bali sebagai lokasi pertandingan kontra Persija. Di sana, kata Umuh, para pemainnya mendapatkan fasilitas latihan yang oke.

"Kami sudah urus surat-surat (izin pertandingan) dan juga urusan lainnya kepada PT Liga Indonesia Baru. Target (Persib) harus menang, tidak ada tawar menawar," kata Umuh.

Namun pertandingan tersebut akan digelar sehari setelah pemilik kandang, Bali United menjamu Barito Putera pada Minggu (27/10). Dengan demikian, Umuh mengaku telah berkoordinasi dengan pihak terkait demi memastikan stadion tersebut bisa digunakan oleh Maung Bandung.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya