Comscore Tracker

Setelah Hariono, Ezechiel akan Tinggalkan Persib?

Manajemen tengah membujuk Ezechiel untuk bertahan

Bandung, IDN Times – Gelandang Bertahan Persib, Hariono, mengaku masih ingin membela Persib Bandung. Namun, kata dia, pelatih tak lagi memerlukan jasanya untuk mengarungi liga musim depan. Sebaliknya, Manajer Persib Umuh Muchtar, mengaku telah membujuk Hariono untuk bertahan di tim Maung Bandung.

“Sepertinya kamu (Hariono) tidak pernah berbuat kesalahan apapun di Persib. Kesalahan komunikasi dengan pelatih juga katanya enggak, makanya saya bingung. Tapi sudah terlanjur melepaskan diri, kalau dibujuk atau gimana juga enggak mau. Apa boleh buat,” kata Umuh kepada wartawan di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (23/12).

 

1. Hariono di mata Umuh

Setelah Hariono, Ezechiel akan Tinggalkan Persib?Hariono mengeksekusi penalti di laga lawan PSM, Minggu (22/12). Twitter/@persib

Bagi Umuh, Hariono merupakan sosok panutan bagi pesepak bola Persib lainnya. Selain memang kenyang jam terbang, Hariono juga dinilai memiliki loyalitas yang tinggi buat tim kebanggaan warga Jawa Barat ini.

“Menurut saya Hariono adalah anak yang paling baik (di tim Persib). Jiwanya sudah menyatu dengan Persib,” katanya.

2. Umuh sampai Glenn kaget dengan lepasnya Hariono

Setelah Hariono, Ezechiel akan Tinggalkan Persib?Umuh Muchtar (IDN Times/Galih Pesiana)

Umuh mengaku ia ikut kaget ketika mendengar Hariono tak akan melanjutkan kariernya di Bandung. Pasalnya, sebagai seorang manajer, Umuh tak mendengar keputusan itu langsung dari mulut pelatih Robert Rene Alberts. Bahkan, kata dia, Direktur Persib Glenn Sugita juga kaget mendengar kabar itu.

“Semua juga kaget. Harusnya memang pelatih bicara dulu, minimal bilang dulu (ke manajemen). Mungkin ini ada yang melontrakna langsung ke wartawan, tapi saya bilang jangan menyalahkan wartawan karena mereka tidak akan mengarang,” tutur Umuh.

3. Bonus Rp150 juta untuk tiap pemain

Setelah Hariono, Ezechiel akan Tinggalkan Persib?Instagram/gondronghariono

Menurut Umuh, apa yang diputuskan pelatih merupakan jalan terbaik buat Persib. Manajemen, lanjut dia, tidak berhak mengintervensi keputusan itu. Sementara tentang karier Hariono selanjutnya, Umuh mengaku tak merasa khawatir.

“Saya sudah bilang sama Hariono kalau dia pasti banyak (tim) yang ngejar, lebih dari kontraknya di Persib,” kata dia.

Persib memang tengah mempersiapkan diri untuk mencapai misi juara musim depan. Tidak seperti musim ini, Persib justru berakhir di posisi enam klasemen akhir Shopee Liga 1 2019. Apa pun hasilnya, kata Umuh, ia tetap mengapresiasi kinerja para pemain. Bahkan, ia mengaku telah mencairkan bonus untuk menambah semangat para pemain.

“Kalau memang kemarin menang, mau itu ke posisi lima atau eggak, tetap saya berikan bonus karena saya sudah janji. Hari ini saya sudah kasih bonus Rp150 juta ke mereka, asal tiga kali tidak kalah

4. Eze mengundurkan diri?

Setelah Hariono, Ezechiel akan Tinggalkan Persib?IDN Times/Galih Persiana

Selain Hariono dan Kevin, Persib juga dikabarkan akan ditinggalkan beberapa pemain lainnya. Umuh membenarkan kabar itu, namun ia menjelaskan bahwa beberapa pemain itu memang mengundurkan diri dari tim Maung Bandung.

“Aduh, saya bilang kalau bisa tetap di Persib, karena tahun depan kita persiapkan tim untuk jadi juara. Baru tadi (pemain yang mau mengundurkan diri) bilang ke saya,” ujarnya.

Salah satu nama yang disebut akan mengundurkan diri dari Persib ialah Ezechiel Ndouassel. Umuh mengonfirmasi kabar itu, tapi ia mengatakan bahwa manajemen masih membujuk striker asing itu.

“Mudah-mudahan Ezechiel tetap dengan Persib. Kalau dia main seperti kemarin, tidak emosi, permainan dia akan berubah. Kalau Eze sampai ga ada ini agak sedikit was-was, tapi mudah mudahan masih bisa,” katanya.

Di sisi lain, Umuh mengaku tengah mengincar beberapa pemain yang akan membantu Persib mencapai misi juara musim depan. “Ada dua asing (yang jadi incaran). Kalau Nick dan Omid jelas (lanjut kontrak).

Baca Juga: Dapat Tawaran Lima Klub, Ke Mana Hariono Setelah Beres di Persib?

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya