Selalu Seri, Persib Bandung Ngotot Kalahkan Madura United

Kedua tim sama-sama baru kebobolan satu gol

Bandung, IDN Times – Besok, Minggu (23/6), adalah pertandingan yang ditunggu-tunggu Robert Rene Alberts, pelatih Persib Bandung. Alasannya, yang dijamu Persib di Stadion Si Jalak Harupat itu ialah Madura United, pemimpin sementara klasemen Liga 1 2019 setelah belum pernah terkalahkan dalam tiga pertandingan yang sudah dilakoni.

Sementara itu, sama dengan Madura United, Persib sendiri merupakan tim yang belum pernah terkalahkan dalam tiga pertandingan perdananya. Namun bedanya, Persib hanya menghasilkan satu kemenangan dengan dua kali hasil seri.

Meski Madura United mengalami perjalanan lebih mulus ketimbang Persib, Robert optimistis bakal memenangi pertandingan. Mengapa demikian?

1. Persib akan tampil dengan skuat penuh

Selalu Seri, Persib Bandung Ngotot Kalahkan Madura UnitedIDN Times/Galih Persiana

Robert membocorkan, bahwa Maung Bandung punya banyak pilihan dalam menghadapi keganasan anak-anak Laskar Sapeh Kerabb. Ia menampik kabar tentang striker asing Ezechiel Ndouasel dan bek Bojan Malisic yang sebelumnya diwartakan tak dapat tampil.

“Sejauh ini kami punya pilihan mereka bisa main. Jadi kami persiapkan tim dengan dua pemain ini. Tapi, sebagai pelatih, saya persiapkan untuk hal terburuk (Robert menekankan bahwa semua pemain siap tampil),” kata Robert, saat menggelar jumpa pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (22/6).

2. Esteban akan jadi starter

Selalu Seri, Persib Bandung Ngotot Kalahkan Madura UnitedIDN Times/Galih Persiana

Tak hanya itu, Robert juga menampik kabar bahwa gelandang Esteban Vizcarra masih diparkir karena mengalami cedera. Menurut diagnosa tim medis beberapa waktu lalu, Vizcarra memang paling cepat tampil di pekan ke-6.

Namun, Robert mengatakan, ia punya pilihan untuk menurunkan Vizcarra di awal pertandingan. “Kami akan rotasi pemain. Mungkin Esteban bisa saja jadi starter, karena dia sudah mulai latihan dengan tim sekarang. Kami juga ingin menurunkan beberapa pemain yang kemarin (dalam pertandingan terakhir versus PS Tira Persikabo) tidak dimainkan,” tuturnya.

3. Dua kali seri bukan ukuran

Selalu Seri, Persib Bandung Ngotot Kalahkan Madura UnitedIDN Times/Galih Persiana

Menurut Robert, Persib memang menempuh jalan lebih terjal ketimbang Madura United. Persib tercatat telah menelan dua kali hasil imbang dan satu kemenangan. Berbeda dengan Madura United yang memborong kemenangan di tiga pertandingan awal liga.

Tapi menurut Robert, fakta tersebut tak dapat jadi ukuran bahwa secara kualitas Persib berada di bawah Madura United. Justru, kata dia, dengan pengalaman banyak membuang-buang kesempatan hingga menghasilkan seri, membuat anak-anak Bandung seperti kehausan memburu gol.

“Pemain sangat termotivasi untuk menghadapi Madura United karena dalam momen ini kita bermain dengan peluang yang banyak di tiap pertandingan. Jika kami terus begini, otomatis menjadi lebih baik. Jadi bukan hal yang tidak mungkin kami bisa mengalahkan Madura United,” kata Robert.

4. Solidnya pertahanan Madura

Selalu Seri, Persib Bandung Ngotot Kalahkan Madura UnitedIDN Times/Galih Persiana

Sejauh ini, Madura telah membikin sembilan gol. Angka yang subur mengingat ia baru melakoni tiga pertandingan saja. Lebih hebatnya lagi, mereka baru kebobolan satu gol. Sementara Persib, meski sama-sama baru kebobolan satu gol, namun baru bikin empat gol.

Rekor Madura United sejauh ini menjadi perhatian bagi Robert. Menurut dia, dengan catatan tersebut, kedua tim memiliki benteng pertahanan yang solid.

“Mereka memiliki pemain bintang dan berpengalaman di dalam tim. Mereka tim yang kuat, punya pertahanan bagus dan solid. Jadi ini akan menarik karena Persib sampai saat ini juga memiliki tim yang baik, mulai dari pertahanan sampai penyerangan,” ujar Robert.

5. Belajar dari perjalanan

Selalu Seri, Persib Bandung Ngotot Kalahkan Madura UnitedIDN Times/Galih Persiana

Persib belum pernah menelan kekalahan, memang, tapi hasil seri kontra PS Tira Persikabo pekan lalu sungguh membekas di benak para pemainnya. Ahmad Jufriyanto, misalnya, yang mengatakan kalau ia dan teman-temannya sungguh ingin membawa kemenangan demi menebus kesalahan pada bobotoh pekan lalu.

“Setelah di pertandingan sebelumnya kita tahu hasilnya mungkin tidak begitu menguntungkan untuk Persib. Tapi akan ada hal positif dari situ, karena pemain sekarang tahu akan berbuat apa pada saat mendapatkan situasi yang sama dengan pertandingan itu,” kata Jupe, sapaan akrab Ahmad.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You