Ini Cara Persebaya Siasati Kekurangan Pemain

Ada lima pemain Persebaya yang akan absen

Bandung, IDN Times – Asisten Pelatih Persebaya Surabaya, Bejo Sugiantoro, mengatakan jika timnya akan serius mengarungi Piala Presiden 2019 meski hanya sebatas pramusim. Persebaya Surabaya akan menghadapi Perseru Serui dalam pertandingan perdana mereka untuk Piala Presiden 2019, Sabtu (2/3), pukul 19.00 WIB.
 
Tapi, problemanya, mereka tidak akan diperkuat dua pemain U-22-nya. Mereka adalah Osvaldo Haay dan Rachmad Irianto yang harus berlatih bersama Timnas U-22 jelang AFC U-22. Tak hanya itu, empat pemain senior mereka pun tidak akan penuh membela Persebaya karena kepentingan timnas. Bagaimana Persebaya menyiasatinya?

1. Osvaldo dan Rian dipastikan tak bisa perkuat Persebaya

Ini Cara Persebaya Siasati Kekurangan PemainPersebaya.id/Satrio Wicaksono

Bejo mengatakan, baik Osvaldo mau pun Irianto (Rian) sama sekali tak bisa memperkuat Persebaya selama Piala Presiden 2019. Bagaimana pun kepentingan timnas berada di atas klubnya.
 
“Masalah pemain timnas U-22 saya pastikan tidak bisa gabung, karena dia hari Senin harus latihan kembali,” ujarnya, dalam jumpa pers di Hotel Mercure, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Jumat (1/3).
 
Tidak hanya kedua pemain tersebut, pelatih kepala Djadjang Nurdjaman pun dipastikan tak akan bisa mendampingi timnya dalam pertandingan besok. Pasalnya, saat ini Djadjang tengah mengikuti lisensi kepelatihan AFC di Malang, Jawa Timur.

2. Ruben, Dutra, dan Hansamu akan absen pekan depan

Ini Cara Persebaya Siasati Kekurangan PemainInstagram/officialpersebaya

Tak hanya itu, tiga pemain utama Persebaya yakni Ruben Sanadi, Otavio Dutra, dan Hansamu Yama dipastikan tidak akan memperkuat Persebaya dalam pertandingan kedua Piala Presiden kontra Persib pada Rabu (6/3) melawan Persib Bandung.
 
“Ruben di timnas karena tahun kemarin dia bisa berbuat sesuatu di sana. Wajar kalau begitu, kalau pemain kami dipantau dan diambil tim nasional,” kata Bejo.

3. Persebaya sudah siapkan pengganti

Ini Cara Persebaya Siasati Kekurangan PemainPersebaya.id/Satrio Wicaksono

Dengan absennya lima pemain, Persebaya tentu sudah mempersiapkan skuat terbaiknya. Bejo memang risau, tapi itu tidak membuat ia kendor untuk membawa Persebaya memenangi pertandingan.
 
“Dengan absennya mereka bertiga harus ada pengganti. Lagian, ini kan pramusim, di mana kami harus persiapkan liga tetap jalan tanpa mereka. Memang harus ada solusinya,” ujar Bejo. Semua pemain yang telah dipersiapkan Bejo, tak lepas dari instruksi Djadjang sebagai pelatih kepala.

4. Bisakah Persebaya ambil tim junior?

Ini Cara Persebaya Siasati Kekurangan PemainIDN Times/Edwin Fajerial

Sebenarnya, bisa saja Bejo mengambil sejumlah pemain junior Persebaya untuk membela tim seniornya. Tapi, sejauh ini keputusan tersebut belum dilakukan karena belum menerima mandat dari Djadjang.
 
Meski demikian, seandainya beberapa pemain junior bisa diturunkan untuk Persebaya senior, Bejo punya beberapa kualifikasi. “Seandainya beberapa pemain junior naik, mereka harus bisa bermain lebih dari satu posisi. Dengan komposisi pemain 16 orang, jadi bisa multifungsi agar dapat bermain di beberapa posisi,” katanya.

5. Persebaya tak akan remehkan Perseru

Ini Cara Persebaya Siasati Kekurangan PemainIDN Times/Edwin Fajerial

Di atas kertas Persebaya memang lebih unggul dari pada Perseru. Fakta tersebut semakin menguatkan bahwa Persebaya tak akan main-main dengan keunggulan di atas kertas.
 
Semuanya, kata Bejo, tergantung hasil dari eksekusi skema permainan di lapangan. “Persebaya enggak akan anggap remeh Perseru, apalagi memang ini tujuannya untuk menyongsong Liga 1 2019,” ujar Bejo.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You