Ratusan Bobotoh Geruduk Kantor Persib, Sebut Manajemen Tak Becus

Mereka meminta Direktur PT PBB mundur dari jabatannya

Bandung, IDN Times - Ratusan suporter Persib Bandung yang lebih lekat dipanggil Bobotoh menggeruduk kantor manajemen Persib Bandung di Jalan Sulanjana, Sabtu (10/8). Aksi ini dampak dari penampilan Persib Bandung yang bermain buruk selama liga tahun ini berlangsung. Mereka pun menuding manajemen tak becus mengurusi tim.

Para Bobotoh awalnya berkumpul di GOR Saparua. Mereka kemudian melakukan longmarch dengan membentangkan spanduk berbagai tulisan. Tulisan-tulisan spanduk berisi berbagai pesan, di antaranya "Latihan Mulu Menang Kagak", "Utamakan Prestasi Bukan Bati", "Tiket Rumit Tiga Poin Sulit", dan beberapa tulisan lainnya yang memperlihatkan kekecewaan atas prestasi Maung Bandung.

Setelah sampai di depan Kantor Persib Bandung, mereka pun berorasi dan menyanyikan sejumlah yel-yel yang selama ini disuarakan di dalam stadion kala Persib bertanding.

1. Ingin bertemu manajemen

Ratusan Bobotoh Geruduk Kantor Persib, Sebut Manajemen Tak BecusIDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam aksi ini, para Bobotoh yang mayoritas menggunakan pakaian hitam-hitam berharap bisa bertemu langsung, berkomunikasi, dan meminta penjelasan terkait kondisi tim saat ini. Satu nama yang terus disuarakan adalah Teddy, yang merupakan Direktur PT PBB. Sayangnya keinginan tersebut tak terpenuhi karena yang bersangkutan sedang tidak ada di tempat.

Bobotoh hanya bertemu dengan Koordinator Panpel Persib Bandung Budi Bram. Mereka pun kemudian meneriaki Bram dan meminta dia untuk menghubungi Teddy agar segera bertemu Bobotoh yang telah berkumpul.

"Copot Pak Teddy sekarang juga," ujar para Bobotoh seraya bernyanyi meminta Teddy menanggalkan jabatannya sekarang

2. Berikan lima tuntutan utama

Ratusan Bobotoh Geruduk Kantor Persib, Sebut Manajemen Tak BecusIDN Times/Debbie Sutrisno

Melalui aksi ini, perwakilan Forum Komunikasi Bobotoh, Budiman menyampaikan lima hal yang selama ini menjadi uneg-uneg Bobotoh. Adapun kelima pon tersebut adalah,

1. Melihat dari pembentukan tim, dari awal sampai melihat posisi yang ditoreh Persib sampai sekarang kayaknya miris bos. Yang pasti kami mempertanyakan, siapakah yang membentuk tim dari awal musim dan harap meminta maaf kepada Bobotoh. Bos itu laki-laki bos, harus jantan mengakui dan melakukan evaluasi agar prestasi Persib lebih membaik.

2. Menatap bursa transfer jika manajemen masih percaya coach Rene Albert harap beri kebebasan, jika sudah tidak, silakan ambil tindakan yang pasti jangan memilih pemain tanpa seizin pelatih, karena kami tidak butuh suprise bursa pemain percuma kalau tidak sejalan dengan pelatih dan mengganggu keharmonisan pemain.

3. Bikin tim faktor non-teknis karena sangat berpengaruh kalau itu sudah ada, kenapa tim kami masih terganggu masalah faktor non teknis.

4. Buat pelatih, bangun mental pemain secepatnya dan kebersamaan pemain. Sisa putaran pertama masih empat laga, untuk menyongsong putaran kedua.

5. Oh, iyah satu lagi, kami merasa laga kandang selalu sepi dari penonton dan komunitas Persib, mungkin ini kebijakan yang harus dikaji secepatnya.

Jangan memaksakan kehendak !! Kami ada solusi tiket 50 persen secara biasa online, 30 persen buat komunitas Persib, karena tiket offline trandisi dan budaya ajang silaturahmi saat pengambilan tiket. 15 persen buat on the spot dan 5 persen untuk suporter tim tamu, dan itu sudah terjadi dan jangan dievaluasi lagi.

3. Aspirasi ini akan disampaikan ke manajemen

Ratusan Bobotoh Geruduk Kantor Persib, Sebut Manajemen Tak BecusIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Budi Bram mengatakan, dia akan menyampaikan aspirasi Bobotoh kepada manajemen. "Tuntutan ini sudah pasti akan saya sampaikan. Hari ini juga pasti viral dan manajemen tidak tutup mata, pasti melihat. Tunggu sampai putaran pertama selesai, pasti ada perubahan," ucap Bram.

Bram meminta para Bobotoh untuk tetap percaya kepada Persib. Dia pun meminta agar Bobotoh tetap memberi dukungan terlebih Persib masih menyisakan empat pertandingan di akhir putaran pertama.

"Sekarang kita bisa support dulu pemain, memberi motivasi supaya tidak terpuruk," katanya.

4. Persib terpuruk di klasemen sementara

Ratusan Bobotoh Geruduk Kantor Persib, Sebut Manajemen Tak Becuspersib.co.id/

Demo ini seyogyanya dilakukan imbas dari performa buruk Persib dalam beberapa pertandingan terakhir. Dari 13 pertandingan yang telah dilakoni selama putaran pertama Liga 1 2019, Maung Bandung hanya mampu memenangkan tiga pertandingan.

Sedangkan lima pertandingan harus imbang, dan menelan lima kekalahan. Bahkan dari tiga laga tandang yang baru-baru ini dilakoni, Persib hanya mampu memetik 1 poin saat bermain imbang dengan Persela Lamongan dengan skor 2-2.

Saat ini Persib duduk di posisi ke-11 dengan raihan poin 14. Namun Persib rentan tergusur oleh tim di bawahnya karena mereka masih memiliki jumlah laga yang lebih banyak dan poin yang terpaut tidak jauh.

Baca Juga: Tandang ke Lamongan, Persib Masih Puasa Kemenangan

Baca Juga: Mengapa Persib Terpuruk dalam Tiga Pertandingan Beruntun

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya