Comscore Tracker

Penggunaan Stadion GBLA untuk Piala Presiden Tunggu Izin Kepolisian

Belum ada izin resmi untuk pemakaian stadion ini

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, memastikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sudah siap untuk digunakan sebagai salah satu stadion Piala Presiden 2022. Dia memastikan kembali hal tersebut setelah secara langsung meninjau kondisi Stadion GBLA, Selasa, 7 Juni 2022.

"Kita monitoring kualitas rumput, kursi, insfratruktur yang lain. Jadi kalaupun suatu waktu tempat ini digunakan, masih sangat layak lah ya," kata Yana melalui siaran pers dikutip IDN Times, Rabu (8/6/2022).

1. Keputusan dari kepolisian untuk GBLA belum mutlak

Penggunaan Stadion GBLA untuk Piala Presiden Tunggu Izin KepolisianIDN Times/Debbie Sutrisno

Yana meninjau kondisi GBLA bersama dengan jajaran Polda Jabar dan PT. Persib Bandung Bermartabat. Yana memastikan jika fasilitas Stadion GBLA sudah siap dan layak menggelar pertandingan.

Meski sudah siap digunakan, Yana mengatakan, kini hanya tinggal menunggu izin penggunaan Stadion GBLA sebagai rumah Piala Presiden 2022 dari kepolisian.

"Belum ada keputusan dari kepolisian apakah Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung atau Stadion GBLA. Tapi dilihat tadi sangat layak di sini," katanya.

Yana berharap, stadion GBLA dapat terpilih dan mendapat izin untuk menggelar Piala Presiden.

2. GBLA sudah masuk sebagai venue tuan rumah Piala Presiden

Penggunaan Stadion GBLA untuk Piala Presiden Tunggu Izin KepolisianIDN Times/Galih Persiana

Direktur PT. Persib Bandung Bermartabat, Teddy Tjahjono mengaku masih menunggu izin dari kepolisian untuk menggunakan Stadion GBLA sebagai tuan rumah Piala Presiden.

"Tadi kami menemani Polda Jabar dan wali kota melihat kesiapan Stadion GBLA untuk jadi tuan rumah Grup C. Kita tunggu hasil dari inspeksi ini seperti apa," katanya.

Terkait dengan jadwal yang telah dikeluarkan penyelenggara turnamen, Teddy mengatakan, Stadion GBLA telah masuk sebagai venue tuan rumah untuk menggelar pertandingan Piala Presiden.

"Dari regulasi yang dikeluarkan PSSI semalam itu sudah dituliskan di Stadion GBLA. Mudah-mudahan (mendapatkan izin), mohon doanya," ucapnya.

Teddy berharap Stadion GBLA dapat digunakan sebagai venue Piala Presiden 2022. "Karena kami berencana homebase (Persib) di Stadion GBLA. Kami inginnya bisa main di Stadion GBLA. Mudah-mudahan di Stadion GBLA," ujarnya.

3. Polda Jabar siap lakukan pengamanan selama turnamen

Penggunaan Stadion GBLA untuk Piala Presiden Tunggu Izin KepolisianFoto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Polda Jawa Barat siap mengamankan jalannya turnamen pramusim 2022-2023 yang bakal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Dalam turnamen ini, Bandung menjadi tuan rumah penyisihan Grup C bersama Bhayangkara FC, Persebaya Surabaya dan Bali United. 

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, pada prinsipnya Polda Jabar siap mengamankan gelaran turnamen tersebut. "Kami mempersiapkan untuk melakukan pengamanan terkait dengan pelaksanaan bola itu (turnamen pramusim)," ujar Ibrahim.

Meski, Polda Jabar akan menyiapkan beberapa pengamanan, dia belum bisa merinci dari jajaran mana saja yang akan diterjunkan. Dalam pengamanan nantinya dibutuhkan koordinasi lintas-sektoral dengan stakeholder

"Segala hal, aspek, dan faktor ganguan kamtibmas nanti akan dilakukan pendataan. Kalau memang nanti ada potensi-potensi yang rawan, kami akan mengambil beberapa langkah pengamanan," katanya. 

Baca Juga: Pemkot Bandung Kaji Jumlah Penonton Piala Presiden di Stadion GBLA

Baca Juga: Ada Spanduk Dirinya di Deretan Para Presiden, Ini Tanggapan Gibran

Baca Juga: Ikut Piala Presiden dan Piala AFC, Bali United Masuk Grup Neraka

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya