Comscore Tracker

Pelatih Tekankan Tak Ingin Hariono Pensiun dari Persib Bandung

Hariono belum mau pensiun di dunia sepakbola

Bandung, IDN Times - Hariono menyampaikan salam perpisahan kepada semua Bobotoh yang hadir dalam pertandingan melawan PSM Makassar di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (22/12). Musababnya, dia tidak akan lagi membela Persib Bandung di Liga Indonesia musim depan.

Hariono dimainkan sebagai pemain pengganti oleh Pelatih Persib, Robert Rene Albert, pada awal babak kedua. Dia turun menggantikan Ghozali Siregar pada menit ke-66. 

Usai laga, Hariono menyampaikan salam perpisahannya di hadapan ribuan Bobotoh, manajemen dan para pemain Persib Bandung. Dia sampaikan ucapan terima kasih atas dukungan kepadanya selama sebelas tahun membela Persib Bandung. 

"Terima kasih manajemen Persib Bandung atas kepercayaan selama ini. Terima kasih kepada teman-teman semua pemain. Terima kasih kepada Bobotoh. Tanpa kalian saya bukan apa-apa," katanya, Minggu (22/12).

1. Hariono sebut tenaganya sudah tidak dibutuhkan lagi pelatih

Pelatih Tekankan Tak Ingin Hariono Pensiun dari Persib BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Dalam kesempatan ini, dia menyampaikan keinginan besarnya untuk pensiun dari Persib Bandung. Namun  hal itu tidak bisa terwujud karena tenaganya sudah tidak dibutuhkan lagi oleh Pelatih Robert Rene Alberts.

"Dari lubuk hati yang dalam, saya ingin pensiun di Persib. Namun pelatih tidak ingin keberadaan saya. Saya mengalah, saya pergi. Apalah arti nama di punggung demi lambang di dada," ucapnya. 

2. Hariono sudah bermain di Persib sejak 2008 dan meraih berbagai tropi

Pelatih Tekankan Tak Ingin Hariono Pensiun dari Persib BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Hariono tiba di Persib Bandung pada liga musim 2008-2009, setelah dikontrak dari Deltras Sidoarjo. Kurang lebih selama sebelas tahun pemain ini membela Persib Bandung. 

Berbagai gelar telah berhasil dia raih bersama Maung Bandung. Mulai dari juara Liga Indonesia musim 2014, Piala Presiden 2015, Celebes Cup 2013 dan Piala Wali Kota Padang 2015. 

3. Perpisahan Hariono membuat para Bobotoh sedih

Pelatih Tekankan Tak Ingin Hariono Pensiun dari Persib BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Salam perpisahan Hariono mendapat sambutan dari ribuan Bobotoh yang memadati Stadion Si Jalak Harupat. Dengan serempak Bobotoh meneriakan nama Hariono. 

Berbagai poster bertuliskan Hariono dan angka 24 yang selama ini menjadi ciri khas memadati seisi stadion. Bahkan tak sedikit Bobotoh yang turun ke lapang untuk sekadar berpelukan dengan Hariono.

4. Supardi ikut sedih dengan kepergian Hariono dari Persib

Pelatih Tekankan Tak Ingin Hariono Pensiun dari Persib BandungBek sayap Persib, Supardi Nasir (IDN Times/Galih Persiana)

Sementara itu, kapten Persib Bandung, Supardi Nasir ikut bersedih dengan selesainya kontrak Hariono. Sebab dia dan Hariono saat ini adalah dua pemain yang cukup lama membela Persib Bandung.

"Malahan saat saya baru masuk Hariono itu sudah ada di sini, sudah jadi legenda," ujarnya.

Dia pun menyebut sejauh ini merasakan banyak kejadian bersama Hariono mulai dari mendapat pujian, cacian, hingga rasa terpuruk bersama-sama merasakannya. Menurut Supardi, sosok Hariono pun sangat peduli kepada sesama pemain.

"Dan yang paling penting dia itu pendiam, tidak banyak omong. Saya rasa di mata Bobotoh dia pasti berkesan," kata Supardi.

Baca Juga: Jalani Laga Terakhir, Hariono Bantu Persib Hajar PSM dengan Telak!

Baca Juga: Dicoret Persib, Kippersluis Sementara Enggan Bermain di Indonesia Lagi

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya