Comscore Tracker

Para Pemain Persib akan Kembali Berlatih Jelang Lanjutan Kompetisi 

PSSI siapkan protokol kesehatan new normal untuk sepak bola

Bandung, IDN Times - Persib Bandung menyambut baik keputusan PSSI untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 pada September atau Oktober, mendatang. Untuk mempersiapkan lanjutan kompetisi tersebut Persib akan menyiapkan pemain agar tetap bugar guna menghadapi kemungkinan tersebut.

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menyatakan, ia bersama tim pelatih telah merancang program persiapan untuk para pemain dalam menghadapi lanjutan kompetisi. Pelatih asal Belanda itu berencana menggelar latihan perdana yang dibagi dalam kelompok kecil. Robert sedang melakukan diskusi secara intens untuk menentukan waktu latihan perdana tersebut. 

"Saya sedang melakukan komunikasi dengan manajemen dan tentunya tim pelatih tentang waktu yang memungkinkan tim untuk berlatih lagi. Kami berencana akan menggelar latihan pemain dengan pembagian grup kecil (small group training). Kami akan memilih waktu yang tepat untuk ini," kata Robert dilansir laman Persib.co, Kamis (25/6).

1. Berlatih sudah pasti menerapkan protokol kesehatan COVID-19

Para Pemain Persib akan Kembali Berlatih Jelang Lanjutan Kompetisi Persib Bandung (IDN Times/Galih Persiana)

Jika waktu telah dipastikan, Robert pun menegaskan akan mematuhi seluruh regulasi terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19. 

"Tentunya kami harus melakukan ini dengan standar protokol kesehatan yang sudah dirilis nanti," ujarnya.

2. Pemain Persib siap jalani latihan bersama

Para Pemain Persib akan Kembali Berlatih Jelang Lanjutan Kompetisi ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Sementara itu, salah satu gelandang Persib Dedi Kusnandar memastikan siap untuk kembali menjalani latihan bersama untuk pertama kalinya di masa pandemi Corona.  Kendati ada risiko penularan, Dedi mengaku tak merasakan kekhawatiran yang berlebihan.  Ia percaya, semua pihak akan mampu menjalankan protokol kesehatan sebagaimana mestinya.

Pemain yang akrab disapa Dado ini  juga meyakini, tim kepelatihan sudah mempersiapkan program yang tepat untuk mengawali latihan bersama nanti. 

"Semua protokol kesehatan yang harus ditaati oleh semua pastinya akan dijalankan. Pelatih (Robert Alberts) juga pasti sudah mempersiapkan program dan hal lain untuk memulai latihan dalam keadaan aman dan nyaman. Jadi saya selalu siap kembali berlatih bersama," kata Dado.

3. PSSI sudah siapkan panduan protokol kesehatan

Para Pemain Persib akan Kembali Berlatih Jelang Lanjutan Kompetisi Logo PSSI / Twitter @pssi

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule memastikan PSSI benar-benar serius menjalankan protokol kesehatan dan tatanan new normal atau normal baru dalam kompetisi Liga 1 dan Liga 2 nanti.  

“Kami sudah membuat sebelas buku panduan protokol kesehatan terkait pelaksanaan kompetisi di masa COVID-19. Komunikasi dengan klub dan Asprov juga terus kami lakukan,” kata Iwan Bule kemarin.

4. PSSI bakal kaji kemungkinan kompetisi digelar dengan atau tanpa penonton

Para Pemain Persib akan Kembali Berlatih Jelang Lanjutan Kompetisi IDN Times/Debbie Sutrisno

Iwan Bule menambahkan PSSI tengah mengkaji perihal kehadiran penonton di stadion. Menurut Iwan, banyak pertimbangan yang harus dilakukan meski Menteri Kesehatan sudah menyatakan bisa saja penonton hadir dalam kegiatan olahraga dengan aturan-aturan ketat.

"Kami akan kaji. Karena pertandingan toh akan disiarkan juga lewat televisi,” ujar mantan Plt Gubernur Jawa Barat itu.

Iwan memohon seluruh suporter untuk tak memaksakan hadir datang ke stadion jika keputusan kompetisi digelar tanpa penonton karena situasi tak memungkinkan. Lebih baik, kata Iwan, suporter melaksanakan nonton bareng di kafe-kafe.

“Silakan saksikan di televisi. Kami akan siapkan atmosfer di stadion bisa hidup meski tanpa penonton, sebagaimana liga-liga di Eropa yang kini berjalan di masa COVID-19,” ujarnya.

Baca Juga: Gugus Tugas Belum Izinkan Sepak Bola Digelar, Begini Respons Menpora

Baca Juga: Olahraga di Rumah, 5 Channel YouTube Ini Pas Buat Inspirasi Workout! 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya