Comscore Tracker

Marc Klok Minta PSSI Pastikan Bergulirnya Liga Indonesia

Jangan terlalu lama menunda kompetisi

Bandung, IDN Times - Tim Persib Bandung sudah mulai menjalani latihan. Sejumlah pemain telah berdatangan dan ikut dalam setiap sesi.

Ditemui usai latihan, gelandang Persib Marc Klok berharap PSSI dan pemerintah bisa segera memastikan kapan kompetisi sepak bola bisa digelar kembali. Sebab latihan yang dilakukan tidak akan menghasilkan sesuatu tanpa ada pertandingan resmi.

"Harapan saya ini bisa bergulir lagi secepatnya karena situasi ini sudah terlalu lama. Harus ada perubahan dan pertandingan sepak bola kita membutuhkan itu," kata Klok, Selasa (1/11/2022).

1. Harus ada kepastian bagi pemain

Marc Klok Minta PSSI Pastikan Bergulirnya Liga IndonesiaIDN Times/Debbie Sutrisno

Saat ini tidak ada kepastian kapan pertandingan liga dimulai. Padahal itu sangat penting bagi pemain agar bisa termotivasi ketika akan menjalani liga.

Menurutnya, federasi, pemerintah, dan semua pemangku kebijakan lainnya harus duduk bersama dan memastikan solusi agar semua berjalan kembali.

"Liga bisa saja mulai November atau Januari, tapi kita butuh kepastian," kata dia.

2. Banyak pihak terdampak dengan penghentian liga

Marc Klok Minta PSSI Pastikan Bergulirnya Liga IndonesiaIDN Times/Debbie Sutrisno

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengatakan, kondisi ini sudah tidak ideal untuk ekosistem sepakbola di Indonesia. Liga sepak bola pun seharusnya bisa segera jalan karena banyak pihak yang terdampak dampak negatif ketika kompetisi terlalu lama berhenti.

"(Harus) Ada kepastian dari pemangku kepentingan pada akhirnya kita sebagai klub menginginkan jadwal yang pasti kelanjutan Liga 1," kata Teddy ditemui di Graha Persib, Selasa (25/10/2022).

3. Situasi ini membingunkan bagi klub

Marc Klok Minta PSSI Pastikan Bergulirnya Liga IndonesiaDirektur Persib Bandung, Teddy Tjahjono saat mengunjungi IDN Media HQ pada Senin (21/3/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Dengan tidak ada kepastian kapan liga bergulir, manajemen klub sepak bola di Indonesia tidak jelas harus melakukan apa. Karena ketika sudah merencanakan persiapan tim tapi liga tak berjalan, maka semua itu sia-sia.

Manajemen yang sudah berkontrak dengan sponsor pun sulit menjelaskan situasi kerja sama tersebut. Maka harus segera ada kepastian kapan persepak-bolaan di Indonesia bisa hidup lagi.

"Bagi kami jadwal ulang kepastian dimulainya kompetisi menjadi sangat penting," ungkap Teddy.

Baca Juga: Liga Indonesia Terhenti, Luis Milla Genjot Fisik Pemain Persib 

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan, Para Legenda Persib Bandung Gelar Doa Bersama

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya