Comscore Tracker

Laga Penentu Grup C, Viking Tak Akan Dukung Persib di Stadion

Persib akan bertanding lawan Bhayangkara di laga terakhir

Bandung, IDN Times - Suporter Persib Bandung, Viking Persib Club, berencana tidak akan datang ke stadion untuk mendukung tim kesayangannya secara langsung dalam pertandingan terakhir Grup C Piala Presiden saat bertemu Bhayangkara United.

Bidang Organisasi dan Keanggotaan Viking Persib Club Panca Octavian menyebut, langkah tersebut diambil sebagai bentuk penghormatan kepada dua bobotoh yang meninggal dunia akibat berdesakkan pada laga melawan Persebaya Surabaya 17 Juni kemarin. 

"Kami Viking Persib Club tidak akan masuk atau datang ke stadion saat laga Persib vs Bhayangkara di Piala Presiden Selasa besok. Aksi ini sebagai bentuk solidaritas dan menghormati keluarga almarhum Sopiana Yusup dan Ahmad Solihin," ujar Panca dalam keterangan resmi diterima IDN Times, Senin (20/6/2022).

1. Kalau GBLA tidak memungkinkan dipakai lebih baik pindah ke SJH

Laga Penentu Grup C, Viking Tak Akan Dukung Persib di StadionIDN Times/Galih Persiana

Viking pun menyoroti penggunaan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) yang sekarang dijadikan home base Persib sebagai tuan rumah Grup C Piala Presiden. Menurutnya, jika kapasitas, fasilitas, infrastruktur, dan lingkungan tidak mendukung maka tidak usah digunakan terlebih dulu.

"Lebih baik dipindahkan saja sambil menunggu perbaikan atau renovasi bangunan GBLA menjadi lebih layak, aman, dan nyaman digunakan," kata dia.

Untuk kelanjutan pertandingan Persib jika lolos ke babak selanjutnya, Viking menyarankan untuk pindah ke Stadion Si Jalak Harupat (SJH) atau stadion lain di Jawa Barat yang memiliki lapangan sesuai dengan standar dalam menggelar sebuah pertandingan resmi.

2. Berikut lima poin dari Viking Persib Club

Laga Penentu Grup C, Viking Tak Akan Dukung Persib di StadionPemain PSM Makassar, Hasyim Kipuw (tiga dari kiri), berusaha mendang bola di dalam kotak penalti Persib Bandung, pada pertandingan pekan terakhir Liga 1 2019 yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/12/2019). (Instagram.com/psm_makassar)

Di sisi lain, ada lima hal yang menjadi catatan bagi Viking untuk panitia pelaksana dan manajemen Persib Bandung. Di antaranya ialah:

1. Penonton yang sudah mempunyai tiket, jadi yang berkeliaran di area stadion atau gate masuk adalah yg memiliki tiket.

2. Perbaikan traffic di stadion (in/out serta alur penonton) agar tidak terjadi penumpukan. Dimulai dari jalan raya menuju GBLA, memasuki parkiran, memasuki area stadion, sampai masuk stadion.

3. Perbaikan sistem ticketing. Sistem dan hardware ticketing 100% online belum sinkron dan belum mendukung. Lebih baik sistem online pembeliannya tapi ada tiket berbentuk fisiknya juga agar tidak ada penyebaran tiket online melalui screenshot.

4. Masalah parkir, siapa yang mengelola dan bagaimana sistem perparkirannya. seringkali parkir ditagih tiga kali yang pada akhirnya memicu keributan.

5. Kepada pengelola, fasilitas WC agar diperhatikan supaya dapat digunakan dan tidak ada yang buang air sembarangan.

3. Dua orang bobotoh meninggal dunia saat Persib main di GBLA

Laga Penentu Grup C, Viking Tak Akan Dukung Persib di StadionTwitter

Untuk diketahui, laga Piala Presiden Grup C antara Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya yang berlangsung di Stadion GBLA, Kota Bandung pada Jumat (17/6/6/2022) terpaksa ditunda sementara.

Laga ini tertunda akibat ratusan bobotoh yang mengaku memiliki tiket merangsek masuk ke stadion dengan cara menjebol pintu VVIP. Tidak hanya itu, bobotoh yang merasa kecewa pun memecahkan kaca di sejumlah ruangan di Stadion GBLA.

Dari kejadian itu, sebanyak dua orang bobotoh dinyatakan wafat. Keduanya adalah Ahmad Solihin dari Bandung dan Sopiana Yusup dari Bogor.

Baca Juga: Sekum Viking: Penetapan Persib Main di GBLA Tak Beres Sejak Awal

Baca Juga: Dua Bobotoh Meninggal di Stadion GBLA, Ada Sanksi untuk Panpel Persib

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya