Comscore Tracker

Jakmania Jangan Nekat ke GBLA, Polisi Bakal Lakukan Sweeping

PT PBB akan undang 30 orang pengurus Jakmania

Bandung, IDN Times - Polda Jawa Barat menegaskan agar pendukung Persija Jakarta, Jakmania dan organisasi lainnya, untuk tidak memaksa datang ke Bandung guna menyaksikan laga Persib melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/10/2022). Pertandingan itu hanya diizinkan disaksikan secara langsung oleh pendukung Persib Bandung.

"Hasil koordinasi dengan panitia penyelenggara kita akan seleksi penonton. Sehingga memang rencananya pertandingan ini hanya dihadiri oleh pendukung dari Persib," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo ditemui di kantornya, Seni (26/9/2022).

1. Keamanan jadi pertimbangan keputusan polisi

Jakmania Jangan Nekat ke GBLA, Polisi Bakal Lakukan SweepingPesepak bola Persija Jakarta Osvaldo Haay (kedua kanan) berusaha menerobos pertahanan Persib Bandung saat pertandingan Final Pertama Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4/2021). Persija berhasil mengalahkan Persib dengan skor 2-0. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Ibrahim menuturkan, kepolisian yang berjaga bakal melakukan pengamanan termasuk melakukan sweeping kepada penonton yang diduga pendukung Persija Jakarta. Aparat akan mengidentifikasi penonton ketika datang ke GBLA, mulai dari atribut yang digunakan, hingga ciri-ciri lainnya.

Tidak diizinkannya Jakmania ke Bandung untuk menyaksikan pertandingan tersebut karena aparat tidak ingin ada hal buruk yang nantinya terjadi pada hari laga diselenggarakan.

"Maka akhirnya diputuskan dengan panitia tidak akan menghadirkan pendukung Persija," kata dia.

2. Main sore lebih aman bagi penonton

Jakmania Jangan Nekat ke GBLA, Polisi Bakal Lakukan SweepingIDN Times/Debbie Sutrisno

Jadwal pertandingan pun, kata dia, sudah disepakati akan digelar pada sore hari yakni pukul 15.30 WIB. Adapun pertimbangannya lebih pada keamanan penonton saat datang dan pulang dari stadion.

"Kalau sore hari, selain terlihat penonton mudah terpantau juga pada saat kembali malam itu juga biasanya cepat untuk bubar," ucapnya.

Harapannya keamanan dan pelaksanaan pertandingan bisa lebih damai dan tidak terjadi permasalahan dalam urusan keamanan dan ketertiban masyarakat. Sehingga pemilihan waktu sore hari dirasa sangat tepat.

3. PT PBB berencana undang 30 orang pengurus Jakmania

Jakmania Jangan Nekat ke GBLA, Polisi Bakal Lakukan SweepingInstagram/@infokomjakmania

Sebelumnya, PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) berencana mengundang perwakilan pengurus Jakmania, untuk menonton langsung laga Persib vs Persija.

Direktur PT PBB Teddy Tjahjono mengatakan, sepak bola seharusnya bisa dinikmati semua orang, termasuk supoter klub yang sedang bertanding. Meskipun ada rivalitas, semestinya hanya dilakukan selama 90 menit di atas lapangan.

Atas dasar itu, PT PBB telah melakukan komunikasi dengan bobotoh untuk mengundang Jakmania menonton pertandingan besar ini.

"Tapi kita tidak akan mengundang suporter atau Jak Mania dalam jumlah banyak karena kita paham limit-nya pengamanan dan kompleksivitas dari hububgan antara bobotoh dan Jakmania saat ini. Jadi yang kita lakukan akan mengundang 20 atau 30 orang pengurus inti dari Jak Mania," ujar Teddy, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Operator Liga 1 Serahkan Rencana Kedatangan Jakmania ke Persib

Baca Juga: 2 Bobotoh Meninggal, The Jakmania Layangkan Duka

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya