David Rumakiek Tinggalkan Persib, Hanya Bermain 16 Menit Dalam Semusim

Persib sudah punya pemain belakang baru

Bandung, IDN Times - Persib Bandung telah resmi mencoret David Rumakiek dari skuad untuk kompetisi Liga 1 musim depan. David hanya membela Persib selama semusim setelah dibawa dari Persipura Jayapura.

Saat berseragam Persib, David Rumakiek kurang mendapatkan kesempatan untuk bermain secara reguler karena cedera lutut yang dialami. David Rumakiek hanya tampil satu kali dengan waktu 16 menit saja. Saat itu David tampil ketika Persib mengalahkan Barito Putera dengan skor 5-2 pada 16 September 2022.

David kemudian cedera pada saat latihan. Pemain berusia 23 tahun itu harus istirahat enam hingga sembilan bulan karena Anterior Cruciate Ligament (ACL).

Kini, Persib telah mengumumkan bahwa David Rumakiek tak lagi menjadi bagian dari skuad untuk musim depan. Artinya, Persib resmi melepas David Rumakiek.

"Sukses untuk perjalanan kariermu berikutnya," tulis akun Instagram Persib, Rabu (24/5/2023).

1. Persib jadi keluarga yang menyenangkan

David Rumakiek Tinggalkan Persib, Hanya Bermain 16 Menit Dalam SemusimGoogle

David Rumakiek pun membalas unggahan Persib itu. Ia berterima kasih pada bobotoh dan Persib.

"Terima kasih banyak keluarga besar Persib, bobotoh, dan semua orang di dalam Kota Bandung yang menerima saya dengan baik selama ini. Keluarga tetap keluarga. Salam hormat," tulis David Rumakiek.

David Rumakiek merupakan salah satu talenta asal Papua yang bermain untuk Persib. Pada musim lalu, ada dua talenta Papua yang membela Persib, yakni David Rumakiek dan Ricky Kambuaya.

Jauh sebelum Ricky dan David Rumakiek membela Persib, beberapa talenta Papua lainnya yang pernah bermain untuk Persib adalah David Laly, Yanto Basna, Patrich Wanggai, Alexander Pulalo, dan Cornelis Rudolf.

Sebelum merapat ke Persib, David Rumakiek membela Persipura Jayapura. David Rumakiek tampil 18 laga pada musim terakhirnya bersama Persipura.

2. Rumor sejumlah pemain bakal merapat ke Persib

David Rumakiek Tinggalkan Persib, Hanya Bermain 16 Menit Dalam SemusimIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, Maung Bandung dirumorkan tertarik memboyong gelandang serang asal Spanyol bernama Tyronne Gustavo del Pino Ramos yang bermain untuk Nakhonratchasima Mazda FC. Status Tyronne bakal bebas transfer pada akhir Mei 2023.

Rumor soal Tyronne begitu kencang. Kontrak gelandang serang berusia 32 tahun itu selesai dengan Nakhonratchasima Mazda FC atau Swat Cat pada akhir Mei 2023.

Tyronne juga telah mengikuti akun Instagram Luis Milla dan David da Silva. Rumor pun makin menguat.

Pemain kelahiran Las Palmas itu bermain sebanyak 27 laga bersama Nakhonratchasima Mazda FC pada musim lalu di Liga Thailand. Ia mencetak tujuh gol dan empat assist. Tyronne tak bermain saat dua pertandingan terakhir Nakhonratchasima Mazda FC di Liga Thailand.

Sebelum merumput di Thailand, Tyronne sempat merumput di Liga Yunani. Ia bergabung dengan PAS Lamia 1964 selama tiga tahun. Ia bermain sebanyak 69 laga di semua kompetisi. Ia mencatatkan dua gol dan delapan assist saat membela PAS Lamia 1964 dari 2020 hingga 2022.

Tyronne jebolan akademi Las Palmas yang pernah membela klub LaLiga Las Palmas dan CD Tenerife. Saat membela Tenerife, Tryonne bermain di kasta kedua LaLiga. Ia bermain sebanyak 74 laga bersama Tenerife, di mana mencetak dua gol dan dua assist di semua kompetisi.

3. Persib pastikan bakal merekrut pemain baru

David Rumakiek Tinggalkan Persib, Hanya Bermain 16 Menit Dalam SemusimDuel Persib Bandung melawan Persik yang berakhir dengan skor 0-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2022/23. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengaku telah melakukan pencarian untuk memenuhi kuota pemain asing tersebut. Ia juga meminta bobotoh untuk bersabar menunggu pengumuman resmi pemain anyar di official media Persib.

"Kami, Persib sedang melakukan pencarian untuk memenuhi kuota pemain asing tersebut," ucap Teddy, Rabu (23/5/2023).

Baca Juga: Juara Piala Prabowo Subianto, Persib U-17 Berlatih di Qatar

Baca Juga: Persib Rekrut I Putu Gede Gantikan Posisi Henhen Herdiana

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya