Polrestabes Bandung Izinkan Laga Persib Vs Persija Digelar di GBLA

Polisi pastikan tragedi Kanjuruhan tidak terulang

Bandung, IDN Times - Laga Persib Bandung vs Persija Jakarta resmi digelar di Stadion GBLA pada Rabu (11/1/2023). Laga yang sempat tertunda karena insiden di Malang ini akan digelar kembali setelah mendapat izin dari Polrestabes Bandung.

Plt. Wakapolrestabes Bandung, AKBP Asep Pujiyono mengatakan, laga Persib vs Persija sebelumnya sempat tertunda setelah tragedi maut di Stadion Kanjuruhan di Malang, Sabtu (1/10/2022). Pada pekan depan laga tersebut sudah bisa dilaksanakan di Stadion GBLA.

"Personel juga disiapkan, nanti ada ribuan dari seluruh Polsek di Kota Bandung diterjunkan untuk menjaga laga big match ini," ujar Asep, Kamis (5/1/2023).

1. Pengamanan maksimal bakal diterapkan

Polrestabes Bandung Izinkan Laga Persib Vs Persija Digelar di GBLARetsa Rizaldi

Teknis pengamanan akan diterpkan sama seperti laga-laga sebelumnya. Jajaran kepolisian serta panitia pelaksana atau panpel bakal menggunakan sistem pengamanan berlapis area menuju venue pertandingan.

"Persiapan TNI/Polri dan instansi terkait nanti masih sama seperti sebelumnya yaitu ada ring empat, tiga, dua, dan satu," ungkapnya.

Polrestabes Bandung juga sudah berkoordinasi dengan Panpel serta PSSI. Namun, untuk waktu pastinya kapan laga bakal digelar akan mengikuti keputusan PSSI. Asep menegaskan, pola pengamanan dan personel akan disiapkan secara maksimal.

"Sudah ada izin dari PSSI. Itu waktu dan tempat tergantung bagaimana PSSI dan pimpinan, apakah tetap tanggal 11 Januari 2023 atau ada pengunduran," katanya.

2. Personel dipastikan tidak bawa gas air mata

Polrestabes Bandung Izinkan Laga Persib Vs Persija Digelar di GBLAStadion GBLA (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Mengantisipasi terjadinya peristiwa serupa seperti di stadion Kanjuruhan, Asep menegaskan, jajarannya tidak diperkenankan membawa gas air mata. Hal ini sudah sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 10 Tahun 2022.

"Personel tidak diperbolehkan membawa senjata api atau gas air mata. Gas air mata tidak ada yang ke dalam, baik ring satu maupun dua, itu tidak ada," katanya.

3. Ticketing juga bakal dijaga ketat

Polrestabes Bandung Izinkan Laga Persib Vs Persija Digelar di GBLAIlustrasi Stadion di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Polrestabes Bandung juga mengizinkan para pendukung atau penonton datang dan menyaksikan langsung ke stadion GBLA. Hanya saja ada beberapa aturan yang harus dikuti.

"Untuk saat pelaksanaan yang sudah membeli tiket. Tiket awal yang pernah dibeli itu hangus, dalam arti digantikan yang baru sesuai dengan teman-teman yang sudah membeli online itu kan kembali mengambil tiket yang baru," kata dia.

Baca Juga: Aremania Temui Moeldoko, Minta Tragedi Kanjuruhan Diusut Tuntas

Baca Juga: Bonek Sidoarjo Tolak Sidang Kanjuruhan di PN Surabaya

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya