Comscore Tracker

Digempur Borneo FC 4-1, Wagub Jabar: Saya Malu Persib Kalah

Kekalahan dari Borneo FC harus jadi cambukan Pangeran Biru

Bandung, IDN Times - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum sangat kecewa atas pertandingan Persib Bandung melawan Borneo FCdi Liga 1 2022/2023. Kekecewaan diungkapkan Wagub Jabar lantaran tim Maung Bandung kalah dengan skor 4-1.

"Saya malu Persib kalah. Tapi saya sebagai seorang yang beriman, tetap menerima karena apapun ini takdir Yang Maha Kuasa. Dan kami yakin ini ada hikmahnya, kekalahan yang sangat dahsyat ini," ujar Uu di Gedung Sate, Senin (8/8/2022).

1. Uu sebut dirinya tidak menyalahkan tim

Digempur Borneo FC 4-1, Wagub Jabar: Saya Malu Persib KalahIDN Times/Humas Jabar

Kekecewaan Uu dirasakan karena Persib Bandung belum pernah meraih kemenangan dalam gelaran Liga 1 2022/2023 ini. Ia juga mengharapkan ada pembenahan agar Persib bisa menang di laga selanjutnya.

"Saya tidak marah kepada Persib, saya tidak marah kepada para pelatih, cuma saya sebagai pecinta ingin ada peningkatan dari hari ini, sehingga ulah éléh waé (jangan kalah terus). Tapi tetap sekalipun éleh (kalah), saya cinta Persib," ungkapnya.

2. Hasil evaluasi harus maksimal diterapkan di laga selanjutnya

Digempur Borneo FC 4-1, Wagub Jabar: Saya Malu Persib KalahWakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum Dok. Humas Jabar

Dalam menjalankan pembenahan memang tidak mudah. Menurut Uu, evaluasi yang sudah dilakukan tidak bisa langsung mengubah kekalahan menjadi kemenangan. Namun, Uu berharap permainan Persib ke depan bisa lebih maksimal.

"Orang bilang seperti itu (evaluasi), tetapi kan bicara itu gampang. Evaluasi, ganti, kan gitu. Kalau sudah dilakukan mah hésé (susah). Saya juga sebagai wagub banyak harus begitu-begitu, tetapi kan susah. Yang penting ada progres lah dari kegiatan kemarin, dan untuk yang akan datang," ungkapnya.

3. Uu minta pendukung tidak buat keonaran dari kekalahan ini

Digempur Borneo FC 4-1, Wagub Jabar: Saya Malu Persib KalahWakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum (IDN Times/Istimewah).

Meski saat ini Persib Bandung belum mendulang kemenangan, Uu mengatakan, ada baiknya para pendukung tetap memberikan ruang aspirasi dengan baik, dengan tidak membuat tindakan anarkis dan berdemonstrasi sampai menutup jalan.

"Saya harap janganlah ada demo-demo. Sampaikan kekesalan dengan baik. Toh mereka juga sudah berusaha untuk memperjuangkan Persib juara dengan pelatihan, anggaran, dan lainnya," katanya.

4. Uu minta suporter tidak menyudutkan pelatih

Digempur Borneo FC 4-1, Wagub Jabar: Saya Malu Persib KalahWakil Gubernur Jawa Barat UU Ruzhanul Ulum (IDN Times / Istimewah)

Uu menambahkan, para pendukung harus sabar dalam menerima kekalahan dari Borneo FC. Kata dia, hal itu harus dijadikan cambuk dan juga pelajaran berharga supaya Persib bisa menjuarai liga kembali di Liga 1 ini.

"Kita serahkan ke manajemen, itu mah terserah, tapi jangan ada demo-demo. Toh diganti juga belum tentu dengan yang terbaik. Karena setiap orang punya kemampuan tetapi juga punya kelemahan. Manusia tidak ada yang sempurna," kata dia.

Untuk diketahui, Persib Bandung kembali mengalami kekalahan di Liga 1 2022/2023. Persib kalah dari Borneo FC di Stadion Segiri, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (7/8/2022) dengan skor 4-1.

Kekalahan Maung Bandung ini menjadi catatan buruk Pelatih Persib, Robert Rene Alberts sejak 2019. Persib juga hanya mendapatkan satu point dari tiga laga awal Maung Bandung di Liga 1 2022/2023.

Baca Juga: Dibantai Borneo FC, Persib Kalah Lagi!

Baca Juga: Manajemen Segera Evaluasi Hasil Minor 3 Laga Persib Bandung 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya