M Farhan: Lari Trail Cabor Baru Berkembang Jika Didukung Sektor Bisnis

Lari trail belum mendapatkan dukungan penuh

Bandung, IDN Times - Perjalanan cabang olah raga lari trail di Indonesia dinilai sukses untuk menjadi cabang bergengsi di Tanah Air. Lari trail yang dinaungi Asosiasi Lari Trail Indonesia (ALTI) membuktikan kans itu dengan sukses menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lari Trail 2022 di Palu dan Sigi.

Ketua Harian ALTI, Muhammad Farhan mengatakan, cabang olah raga ini belum mendapatkan dukungan pengembangan secara maksimal. Dengan kondisi itu, Farhan menilai, dukungan dari swasta untuk stimulus pembinaan atlet dan pengembangan kejuaraan.

"Cabang olah raga baru hanya akan berkembang jika mendapat dukungan pelaku sektor bisnis, terbukti dari suksesnya Kejuaraan Nasional Lari Trail yang pertama kali digelar di Palu dan Sigi Sulawesi," kata Farhan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu(20/7/2022).

1. Banyak potensi atlet berprestasi dari cabor lari trail

M Farhan: Lari Trail Cabor Baru Berkembang Jika Didukung Sektor BisnisIDN Times/Istimewa

Menurutnya, sektor yang mendukung pengembangan ini di antaranya Livin' Mandiri, INDIKA Energi hingga perusahaan perintis pembuat makanan sehat STRIVE turun tangan. Hasilnya, Kejurnas Lari Trail 2022 melahirkan prestasi terbaik dari segala penjuru Indonesia.

Di antaranya pemenang medali emas, perak, Perunggu dari tujuh nomer pertandingan berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sulteng, Kaltim dan NTB.

"Jadi bisa dikatakan cukup merata prestasi tiap daerah. Fakta ini menunjukkan bahwa perlu kolaborasi erat antara cabang olahraga dengan pelaku bisnis. Yang dimaksud disini adalah kolaborasi yang saling menguntungkan," katanya.

2. Butuh lebih banyak sektor bisnis untuk mendukung pengembangan lari trail

M Farhan: Lari Trail Cabor Baru Berkembang Jika Didukung Sektor BisnisIDN Times/Istimewa

ALTI, menurutnya, bertekad meningkatkan kualitas Kejurnas karena mendapat kepercayaan dukungan sektor bisnis. "Dengan adanya kepercayaan, ada tuntutan akuntabilitas tinggi dan pada saat bersamaan memberi peluang atlet Lari Trail Indonesia bertarung di kejuaraan dunia," katanya.

Lari trail yang cukup populer di kalangan masyarakat, terus dimaksimalkan untuk raihan juara FORNAS VII di Jawa Barat. "Untuk membuka pintu bagi semua orang untuk merasakan sensasi Lari Trail," katanya.

Seperti diketahui, sektor bisnis yang mendukung Kejurnas Lari Trail di Palu dan Sigi, Sulawesi Tengah pada 15 sampai 17 Juli 2022 di antaranya Livin' Mandiri, INDIKA Energi, KADIN Pusat, Pocari Sweat, Arei Outdoor gear, Rudy Project, STRIVE, PT RMK - Palu dan PT IMIP - Morowali.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya