Tanding Sampai Eropa, Pebulu Tangkis Indonesia Bawa Pulang Gelar Juara

Indonesia unggul dua nomor di Slovenia International 2021

Bandung, IDN Times – Keberangkatan sederet pebulu tangkis muda PB Djarum untuk melakoni beberapa kejuaraan di Eropa ternyata membuahkan hasil. Mereka sukses tampil maksimal dalam kejuaraan Slovenia International 2021 yang digelar di Maribor, Slovenia, pada 19-22 Mei 2021.

Kejuaraan itu tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak, Slovenia International 2021 diikuti oleh 350 pebulutangkis lintas negara. Tak tanggung-tanggung, pada kesempatan itu Indonesia membawa pulang dua medali juara.

1. Juara tunggal putri dan ganda putra

Tanding Sampai Eropa, Pebulu Tangkis Indonesia Bawa Pulang Gelar JuaraPebulu tangkis PB Djarum di Slovenia

Untuk Slovenia International 2021, atlet PB Djarum membawa pulang dua gelar juara masing-masing dalam nomor tunggal putri dan ganda putra.

Di sektor tunggal putri, Mutiara Ayu Puspitasari berhasil naik podium usai mengalahkan pemain senior asal Hungaria, Agnes Korosi. Pertandingan ini berlangsung seru. Pasalnya, dalam urusan pengalaman, Mutiara justru jauh berbeda ketimbang lawannya.

Namun fakta itu tak membuatnya gentar. Buktinya, ia bisa mengalahkan Agnes Korosi dengan skor 21-14,19-21 dan 21-16.

2. Putra Erwiansyah memborong gelar

Tanding Sampai Eropa, Pebulu Tangkis Indonesia Bawa Pulang Gelar JuaraPebulu tangkis PB Djarum di Slovenia

Kemenangan Mutiara disusul oleh pasangan ganda putra Muh. Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindo Rindo yang sukses mengalahkan pasangan Denmark William Kryger Boe/Christian Faust Kjær dengan skor 21-13,21-13.

Tak hanya bermain di sektor ganda putra, Muh. Putra Erwiansyah juga turun di nomor ganda campuran bersama Sofy Al Mushira Asharunnisa. Hasilnya, keduanya sukses melaju ke babak final dan meraih posisi runner-up.

3. Kemenangan pertama di level internasional buat Mutiara

Tanding Sampai Eropa, Pebulu Tangkis Indonesia Bawa Pulang Gelar JuaraPebulu tangkis PB Djarum di Slovenia

Bagi Mutiara kemenangan di Slovenia terasa sangat manis karena ini adalah title juara pertamanya di level internasional. Sebelumnya, Mutiara sempat menjejakkan kaki sebagai seminfinalis pada kejuaraan Korea Junior Open International Challenge 2019. 

"Terima kasih kepada PB Djarum yang selalu mendukung saya dan Pak Victor Hartono. Kemenangan ini akan menjadi motivasi saya untuk meraih gelar juara di turnamen yang lebih bergengsi lagi,” tutur Mutiara, dalam rilis yang diterima IDN Times, Minggu (23/5/2021).

Setali tiga uang, gelar juara di Slovenia International 2021 juga merupakan gelar internasional pertama bagi pasangan ganda putra Muh. Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindo Rindo.

“Semoga ke depannya kami bisa lebih baik dan semakin banyak mempersembahkan gelar juara bagi Indonesia,” tutur Patra.

4. PB Djarum puas, atlet junior mereka dapat bersaing dengan senior

Tanding Sampai Eropa, Pebulu Tangkis Indonesia Bawa Pulang Gelar JuaraIDN Times/ Helmi Shemi

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, menuturkan kemenangan di ajang Slovenia International 2021 merupakan hal yang tak terduga dan sangat membanggakan. Bagaimana tidak, atlet-atlet muda PB Djarum berhasil meraih gelar juara dalam turnamen yang didominasi oleh atlet dewasa.

“Yang menjadi catatan penting dalam kemenangan ini adalah mereka masih atlet junior tapi bisa bersaing di level dewasa dan meraih juara. Hal ini juga menjadi angin segar bagi proses regenerasi atlet bulutangkis nasional,” tutur Yoppy.

Perjuangan Mutiara dan atlet muda PB Djarum lainnya di ajang Slovenia International 2021 tidaklah mudah. Karena masih berstatus pemain junior dan belum memiliki ranking BWF, Mutiara cs. harus memulai turnamen dari fase kualifikasi.

Perjalanan semakin berat tatkala mereka bermain rangkap di dua nomor yakni nomor tunggal maupun ganda. Tantangan belum berakhir, karena mereka juga harus bermain dengan jadwal yang padat karena turnamen di Eropa seperti Slovenia International 2021 hanya berdurasi empat hari saja.

“Dengan perjuangan seberat itu, di mana mereka merangkak dari bawah, kemenangan ini tentunya menjadi hal yang sangat luar biasa bagi kami,” Yoppy menguraikan.

Baca Juga: Indonesia Matangkan Persiapan Rapat dengan IOC Bahas Olimpiade 2032

Baca Juga: 80 Persen Warga Jepang Tolak Olimpiade Tokyo 2020

Baca Juga: Uji Kemampuan, PB Djarum Kirim Atletnya ke Empat Turnamen Eropa

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya