Piala Presiden Esports 2022 Siapkan Atlet untuk Kejuaraan Dunia

Apa esports adalah peluang baik untuk negeri?

Bandung, IDN Times - Turnamen Piala Presiden Esports 2022 merupakan upaya Pemerintah RI dan seluruh stakeholder terkait untuk memaksimalkan potensi industri game dan esports Tanah Air. Menjelang berlangsungnya babak main event turnamen tersebut, Piala Presiden Esports 2022 menggelar acara kunjungan ke kantor PB Esports Indonesia (PBESI) pada Rabu (2/11/2022).

Kunjungan ini bertujuan untuk melihat persiapan PBESI menjelang berlangsungnya turnamen IESF World Championship 2022 yang akan berlangsung akhir tahun ini. Pemenang dari beberapa cabang game dalam Piala Presiden Esports 2022 akan berkesempatan untuk mewakili Indonesia dalam turnamen yang memiliki skala global tersebut.

Pemerintah dan para stakeholder yang berperan dalam memajukan esports Tanah Air turut serta dalam acara kunjungan tersebut. Mewakili pemerintah Republik Indonesia, hadir Abetnego Tarigan, Deputi II Bidang Pembangunan Manusia, Kantor Staf Presiden (KSP).

PBESI selaku tuan rumah, menghadirkan Yohannes Siagian yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PBESI.

Tak hanya mereka, kunjungan tersebut juga dihadiri Norisa Saifuddin, Senior Vice President BCA (sponsor utama); Terence Bouman, Director National Business Development Partnership Grab Indonesia; dan Matthew Airlangga selaku, Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022.

1. Pemerintah dan federasi tengah getol kembangkan esports

Piala Presiden Esports 2022 Siapkan Atlet untuk Kejuaraan DuniaPiala Presiden Esports 2022 Siapkan Atlet untuk Kejuaraan Dunia (IDN Times/Istimewa)

Abetnego Tarigan menjelaskan bahwa esports sebenarnya memiliki potensi besar dalam menyumbang prestasi bagi Indonesia. Oleh karena itu, jejak prestasi esports Indonesia perlu diteruskan agar semakin banyak atlet yang bisa mewakili Indonesia dalam berbagai turnamen baik dalam maupun luar negeri.

“Dari awal kami melihat jika esports memang memiliki potensi dan sudah punya jejak prestasi, termasuk dalam ajang SEA Games 2021 yang lalu. Kementerian-kementerian yang terkait sangat mendukung kehadiran esports bagi generasi muda."

"Dengan adanya industri esports yang berkembang, harapannya dapat memberikan pesan-pesan positif kepada publik,” ujar Abetnego, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (3/11/2022).

PBESI menyambut positif kehadiran Piala Presiden Esports 2022 ini. Yohannes P. Siagian mengatakan bahwa PBESI juga sedang berfokus dalam membangun ekosistem esports Tanah Air. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan IESF World Championship 2022 sebagai lanjutan dari ekosistem esports yang sedang mereka kembangkan.

“PBESI sendiri juga turut serta dalam membantu menyebarkan informasi tentang acara Piala Presiden Esports 2022 ini. Secara keseluruhan IESF World Championship 2022 merupakan salah satu contoh ekosistem esports yang sedang kami coba kembangkan,” ujar Yohannes.

2. BCA dan Grab ingin terus dorong perkembangan esports Indonesia

Piala Presiden Esports 2022 Siapkan Atlet untuk Kejuaraan DuniaPiala Presiden Esports 2022 Siapkan Atlet untuk Kejuaraan Dunia (IDN Times/Istimewa)

Menjadi sponsor utama dalam perhelatan Piala Presiden Esports empat tahun berturut-turut, BCA berkomitmen untuk terus mendukung esports untuk negeri. Mereka percaya jika di masa mendatang, esports menjadi salah satu olahraga yang bisa membawa nama baik Indonesia di panggung dunia.

“Kami sebagai insan perbankan terpacu untuk terus memberikan dukungan serta ruang bagi generasi muda untuk mengembangkan minatnya dalam hal esports. Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap para peserta dapat mempersiapkan diri dengan matang sehingga dapat menghasilkan performa yang terbaik di kompetisi ini,” ujar Norisa Saifuddin.

Senada dengan Norisa, Terence Bouman juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kolaborasi yang sudah terjalin. Ia berharap jika kerja sama antara Grab dan Piala Presiden Esports 2022 dapat terus berlanjut, demi mendukung perkembangan esports Indonesia.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih atas kolaborasi yang sudah terjalin selama ini. Harapannya adalah kolaborasi ini akan terus berlanjut, untuk dapat berkontribusi mendukung perkembangan esports Indonesia serta mendukung daya saing game tanah air di dunia,” ujar Terence Bouman.

3. Perkembangan terkini Piala Presiden Esports 2022

Piala Presiden Esports 2022 Siapkan Atlet untuk Kejuaraan DuniaPiala Presiden Esports 2021 (IDN Times/Istimewa)

Piala Presiden Esports 2022 sudah menyelesaikan babak kualifikasi. Seluruh tim yang lolos lewat berbagai babak kualifikasi, mulai dari east qualifier, west qualifier, closed qualifier, hingga open qualifier akan bertanding dalam babak main event yang akan berlangsung secara offline pada 11 hingga 13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta.

Tahun ini Piala Presiden Esports mendapatkan jumlah penonton paling banyak sejak empat tahun penyelenggaraannya. Laman Escharts menuliskan, babak closed qualifier berhasil ditonton oleh penonton hingga mencapai 2 juta jam secara keseluruhan.

Sementara itu, secara peak viewers, jumlah penonton pada babak tersebut mencapai lebih dari 274 ribu secara bersamaan. Sedangkan rata-rata penonton sepanjang babak closed qualifier, mencapai kurang lebih 70 ribu penonton.

4. Jam tonton turnamen meningkat drastis

Piala Presiden Esports 2022 Siapkan Atlet untuk Kejuaraan DuniaPiala Presiden Esports (instagram.com/pialapresidenesports)

Jumlah hours watched pada turnamen tahun ini juga meningkat 52 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan juga terjadi pada peak viewers dan average viewers, yang masing-masing meningkat sebesar 2,3 persen dan 12 persen.

Acara puncak dari Piala Presiden Esports 2022 sendiri akan berlangsung secara offline, pada 9 hingga 13 November 2022 di Istora Senayan, Jakarta. Artinya, saat ini tiket sudah tersedia di pasaran.

Selain akses menonton turnamen, tiket juga berlaku untuk AFK Fest yang diadakan selama main event Piala Presiden Esports 2022 berlangsung.

Baca Juga: Piala Presiden Esports 2022: Saat Tepat Dorong Ekonomi Digital

Baca Juga: Mengejutkan, Hammersonic Akuisisi Tim Esports!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya