Mutiara Ayu Curi Perhatian di Indonesia International Series 2022

Indonesia keluar sebagai juara umum, yes!

Bandung, IDN Times – Gelaran Kejuaraan Indonesia International Series 2022 usai digelar pada Minggu (25/9/2022). Tuan rumah Indonesia berhasil menyabet titel juara umum setelah menyapu bersih seluruh gelar juara.

Dari seluruh kampiun di tiap nomor yang dipertandingkan, sederet atlet PB Djarum berhasil membawa pulang tiga gelar juara dan dua posisi runner-up.

Ketiga gelar tersebut direbut oleh Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran), Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay (tunggal putra), serta atlet muda Mutiara Ayu Puspitasari (tunggal putri).

Sementara posisi runner-up diraih Ridya Aulia Fatasya/Kelly Larissa (ganda putri) dan pasangan ganda campuran Melati Daeva Oktavianti yang berduet dengan atlet PB Jaya Raya Jakarta, Moh. Reza Pahlevi Isfahani.

1. Mutiara jadi atlet termuda yang meraih gelar juara

Mutiara Ayu Curi Perhatian di Indonesia International Series 2022Mutiara Ayu Puspitasari (Instagram/@badminton.ina)

Dari GOR Among Rogo, Yogyakarta, pencapaian Mutiara menjadi yang paling menarik perhatian. Bagaimana tidak, lulusan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2016 itu menjadi atlet termuda yang meraih gelar juara.

Pebulu tangkis kelahiran Ngawi, 17 Mei 2006 itu menduduki podium tertinggi usai mengandaskan wakil Indonesia lainnya yang diunggulkan di posisi ketiga, Stephanie Widjaja. Mutiara menang lewat pertarungan sengit tiga game dengan skor akhir 15-21, 21-10, dan 22-20.

“Kunci kemenangan tadi gimana caranya saya untuk mengarahkan bola ke tengah saja, agar tidak keluar dan gak buru-buru ingin cepat matiin. Tadi lawan mainnya bagus, dan pertandingan ini cukup menyulitkan bagi saya,” tutur Mutira usai laga, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Minggu (26/9/2022).

Selain karena berhasil melakoni pertandingan yang sengit, Mutiara juga mencuri perhatian karena membawa angin segar bagi masa depan bulu tangkis Indonesia khususnya kategori tunggal putri.

2. Dejan/Gloria memang harus menang, Mutiara tampil mengejutkan

Mutiara Ayu Curi Perhatian di Indonesia International Series 2022Dejan/Gloria (IDN Times/Istimewa)

Bagi Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, apa yang telah dilakukan para pebulu tangkis PB Djarum cukup memuaskan. Ia pun mengapresiasi hasil yang diraih oleh para atletnya, baik yang saat ini bermukim di klub maupun di pelatnas.

“Hasil ini tentunya cukup bangga dengan atlet-atlet binaan PB Djarum yang meraih gelar juara. Kalau menurut saya memang Dejan/Gloria dan Ikhsan sudah seharusnya juara di level itu, dan mereka mampu membuktikannya,” kata Yoppy.

Ia melanjutkan, yang mengejutkan justru Mutiara, karena berdiri sebagai pemain muda yang berhasil mengalahkan lawan-lawannya yang lebih senior daripada dirinya.

“Saya melihat progres Mutiara sendiri cukup pesat sekarang ini. Tetapi ujian sesungguhnya bagi Mutiara sendiri nanti saat dia tampil di WJC (World Junior Championships) tahun ini. Semoga hasil ini menjadi modal kepercayaan dia di WJC maupun turnamen lainnya yang akan Mutiara ikuti nanti,” kata Yoppy.

Adapun WJC 2022 akan berlangsung di Santander, Spanyol, pada 17-30 Oktober mendatang.

3. Menambah semangat peserta Audisi Umum PB Djarum

Mutiara Ayu Curi Perhatian di Indonesia International Series 2022ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Yoppy mengatakan keberhasilan Mutiara dalam menyabet gelar juara di turnamen kali ini, sedikit banyak telah menambah gairah para peserta Audisi Umum PB Djarum yang akan berlangsung 19-22 Oktober 2022, di Kudus.

“Ya tentunya dengan hasil ini kita sudah membuktikan, bahwa hasil pencarian bakat lewat audisi umum itu memang terbukti melahirkan juara seperti Mutiara dan atlet-atlet lainnya. Saya rasa kemenangan Mutiara ini bisa menambah antusias dan semangat atlet belia untuk mengikuti audisi umum nanti,” ujar Yoppy.

Baca Juga: Ganda Campuran Pastikan Gelar Juara di Indonesia International Series 

Baca Juga: 8 Teknik Pukulan dalam Bulu Tangkis yang Wajib Dikuasai, Apa Saja?

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya