Jaring Calon Pebasket Andal, KFC dan DBL Gelar Mini Camp di Jakarta

Mini camp ini khusus student-athlete

Bandung, IDN Times - Program pemusatan pelatihan basket pelajar di Indonesia, KFC DBL Camp 2023 untuk kali pertama akan dilangsungkan di Jakarta, 9-14 Mei 2023 di GOR Soemantri Brodjonegoro dan Kota Kasablanka Mall.

Ratusan student-athlete terbaik, serta puluhan pelatih terpilih dari penjuru Indonesia akan berkumpul di Ibu Kota. Mulai dari Aceh hingga Papua, yang disaring melalui liga basket pelajar terbesar Honda DBL with KFC 2022-2023 yang digulirkan di 30 kota dari 22 provinsi.

Menjelang gelaran pelatihan basket pelajar itu, DBL Indonesia bersama KFC, serta didukung Pengprov Perbasi DKI Jakarta, akan menggelar mini camp yang bersifat terbuka bagi student-athlete. Mini camp bakal digelar di Filari Basketball Court, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 19-21 Maret 2023.

”Program mini camp yang digelar Maret di Jakarta ini merupakan ajang pemanasan yang kami kemas sebagai bagian dari Road to KFC DBL Camp 2023. Kami ingin mengajak para student-athlete di Ibu Kota merasakan bagaimana atmosfer pelatihan basket pelajar terbesar ini,” ujar Eric Leong, CEO PT Fast Food Indonesia (KFC), dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (14/3/2023).

1. Digelar berdasarkan antusiasme student-athlete di Jabodetabek

Jaring Calon Pebasket Andal, KFC dan DBL Gelar Mini Camp di Jakartailustrasi ring basket (pexels.com/Wendy Herrera)

Eric menambahkan, program Road to KFC DBL Camp 2023 ini digelar setelah melihat antusias dari para student-athlete di beberapa daerah.

“Sejak Februari lalu, kami bersama DBL Indonesia berkunjung langsung ke berbagai sekolah di Jakarta, Tangerang, dan Bogor, lewat program KFC Goes to School,” kata dia. Dalam kunjungan itu, Eric menilai bahwa olahraga bola basket di level pelajar di Indonesia cukup bergeliat sehingga harus diberi wadah.

Program mini camp dalam rangka Road to KFC DBL Camp 2023 di Jakarta ini nantinya akan ditangani langsung oleh DBL Academy. Pesertanya terbuka luas bagi seluruh pelajar SMA/SMK/Sederajat se provinsi DKI Jakarta.

2. Pelajar yang pernah tak naik kelas tak boleh ikut mini camp

Jaring Calon Pebasket Andal, KFC dan DBL Gelar Mini Camp di JakartaIlustrasi pelajar (IDN Times/Mardya Shakti)

Di sisi lain, para student-athlete yang telah berpartisipasi pada Honda DBL with KFC 2022 DKI Jakarta Series juga diperbolehkan ikut, selama kuota masih ada. Periode pendaftaran akan dibuka mulai 8-15 Maret 2023, dilanjutkan dengan tahapan verifikasi pada tanggal 16-17 Maret 2023.

”Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh peserta yang diperbolehkan berartisipasi pada mini camp dalam rangka Road to KFC DBL Camp 2023 ini. Pelajar yang pernah tidak naik kelas tidak diperbolehkan ikut,” tutur Donny Rahardian, Wakil Direktur DBL Indonesia. 

Tak hanya itu, pelajar yang berstatus pemain profesional atau terikat kontrak profesional juga tidak diperbolehkan ikut.

“Sama dengan pelajar yang pernah berstatus pernah bermain di liga profesional atau telah memperkuat tim PON, di mana tentu tidak diperbolehkan ikut juga,” ujar Donny.

3. Ada seleksi untuk enam peserta terbaik

Jaring Calon Pebasket Andal, KFC dan DBL Gelar Mini Camp di JakartaPixabay.com

Para peserta mini camp pada ajang Road to KFC DBL Camp ini, lanjut Donny, akan mendapat materi pelatihan basket secara langsung dari coach Dimaz Muharri dan Erwin Triono, selaku DBL Academy Basketball Director.

Kabar gembiranya, selain mendapat materi pelatihan basket, para peserta mini camp dalam ajang Road to KFC DBL Camp ini juga akan diseleksi untuk memperebutkan enam kuota, masing-masing tiga putra dan tiga putri berstatus peserta terbaik pada posisi guard, forward, dan center.

Keenam peserta mini camp terbaik itu akan mendapat tiket berhak ikut berpartisipasi sebagai campers pada KFC DBL Camp 2023 di Jakarta Mei 2023. Mereka akan bergabung dengan ratusan campers dari seluruh Indonesia yang berstatus KFC First Team atau KFC Second Team dari berbagai provinsi.

4. Berkah untuk student-athlete di Jakarta

Jaring Calon Pebasket Andal, KFC dan DBL Gelar Mini Camp di Jakartabolabasket.web.id/

Lexyndo Hakim, Ketua Umum Pengprov Perbasi DKI Jakarta mengatakan bahwa langkah KFC dan DBL Indonesia memberi wadah pada student-athlete di Jakarta sangatlah tepat. Anak-anak Jakarta, kata dia, bakal memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

“Ini sejarah baru dan berkah bagi insan basket di Jakarta. Tentunya kita harus memanfaatkan momentum baik ini sebagai salah satu kebangkitan basket di Jakarta yang juga tahun ini menjadi tuan rumah  beberapa event internasional,” ujar dia.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Wasit Bola Basket, Catat!

Baca Juga: Cara Menghitung Poin Bola Basket dan Contohnya, Penjelasan Lengkap

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya