Jaga Kualitas Basket Putri, GoBasket dan GMC Gelar Turnamen

Ada kategori senior dan SMA

Bandung, IDN Times – Kompetisi basket putri di Indonesia memang terbilang belum sepaten kompetisi basket putra. Namun, harapan terselenggaranya kompetisi tersebut belum pupus hingga detik ini.

Buktinya, GoBasket.id dan Generasi Muda Cirebon (GMC) berkolaborasi agar harapan para pebasket putri itu tetap menyala. Berbekal semangat menghadirkan kompetisi yang layak bagi pebasket putri, GoBasket.id dan GMC membuat open tournament dengan tajuk Asa Itu Masih Ada yang berlangsung di GMC Arena, Cirebon, Jawa Barat, pada 23-28 Januari 2022.

Bagaimana rencana penyelenggaraan turnamen ini?

1. Siapa saja tim yang terlibat?

Jaga Kualitas Basket Putri, GoBasket dan GMC Gelar TurnamenBasket Putri GoBasket X GMC (IDN Times/Istimewa)

Ada delapan tim dengan dua kategori yang berpartisipasi pada ajang ini. Di kategori senior, Surabaya Fever, GMC Cirebon, Universitas Budi Luhur, dan Showtime Ina menjadi peserta. Sementara di kategori sekolah ada PPOP Bogor, PPOP Indramayu, SMA Kharisma Bangsa, dan BPK Cirebon.

GoBasket x GMC: Women Basketball Open Tournament 2022 merupakan lanjutan dari pick up games yang sempat diadakan pada November 2021. Masih dengan tagline yang sama yakni #IniPanggungKita, GoBasket.Id ingin bersuara lebih keras agar asa para pemain lebih terdengar.

“Kami percaya bahwa talenta basket putri tidak kalah dari putra. Maka dari itu, mereka harus terus diberi panggung untuk bisa mengasah diri,” ujar CEO GoBasket.id, Marcel G Oehmke, dalam rilis yang diterima IDN Times, Minggu (23/1/2022).

2. Bukan hanya turnamen biasa

Jaga Kualitas Basket Putri, GoBasket dan GMC Gelar Turnamenilustrasi model bola basket (pixels.com/KoolShooters)

Marcel memastikan bahwa turnamennya kali ini bukan sekadar pertandingan biasa. Lebih daripada itu, turnamen ini merupakan langkah pasti atau gerakan dari para pecinta basket untuk masa depan pebasket putri Indonesia.

“GoBasket.Id sangat berterima kasih kepada GMC yang sudah mau berkolaborasi agar pebasket putri bisa terus berkompetisi. Semoga setelah ini, gerakan #IniPanggungKita bisa terus berlanjut dan membesar,” ujar dia.

3. Turnamen digelar berangkat dari keresahan

Jaga Kualitas Basket Putri, GoBasket dan GMC Gelar TurnamenPebasket putri Sulawesi Selatan, Siti Fatimah (kiri), berusaha melewati adangan dua pemain tim Papua dalam laga babak penyisihan Pool Y cabor basket nomor 5x5 putri di GOR Basket Mimika Sport Complex, Minggu 3 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Rocky Padila)

Kehadiran turnamen GoBasket.Id x GMC tak lepas dari keresahan pembina GMC, Wahyu Gunarto. Sebagai mantan pemain nasional dan juga pemilik klub profesional, Wahyu sedih melihat talenta basket putri yang terbuang percuma.

“Saya miris bertemu pemain putri yang masih punya potensi, tetapi tidak punya panggung untuk beraksi. Harapan saya, kita mulai dari hal kecil dahulu, semoga dengan event ini bisa jadi agenda tahunan dan mengisi kekosongan,” ujar Wahyu.

Kolaborasi yang dilakukan GoBasket.id dengan GMC mendapat apresiasi dari Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih. Meski bergerak dari kecil, Danny percaya langkah yang dilakukan ini akan memberi pengaruh besar nantinya.

“Ketika ada sesuatu yang kecil, dikerjakan bersama, pasti akan besar nantinya. Sulit mencari tim putri (senior), tetapi di turnamen ini ada empat, itu sudah luar biasa. Saya harap ini bisa jadi percontohan yang baik dan liga putri bisa kembali bergulir,” ujar Danny.

Baca Juga: Gak Hanya Akting, 11 Aktor Thailand Ini Juga Jago Main Basket

Baca Juga: 9 Potret Bugar Samuel Rizal saat Olahraga, Basket hingga Fitness

Baca Juga: 5 Pemain Basket Termuda yang Mencatatkan Triple-Double di NBA

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya